Polling Pilkada Sumbar 2020

Selasa, 21 April 2020

Bupati Rohul Apresiasi Pemdes dan Akan Memberikan Bantuan Rp 600 Ribu/Bulan Kepada Warga Kurang Mampu.

ROKAN HULU(SP) - Untuk melakukan Koordinasi antar Wilayah dalam Penanganan Covid-19 di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Bupati Rohul H. Sukiman melakukan Video Conference (Vicon) dengan Camat Tambusai Utara, Upika serta Kepala Desa, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rohul, Pasir Pengaraian, Senin (20/4/2020).

Di Vicon tersebut, Bupati Rohul H. Sukiman turut didampingi Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Kadis Kominfo Rohul yang juga Jubir Covid-19 Rohul Drs Yusmar M.Si, Kadiskes Rohul dr Bambang Triono, Kadis DPMPD Rohul Margono S.Sos M.Si.

Dikesempatan itu, Camat Tambusai Utara Mastur S.Sos M.Si menjelaskan perkembangan Penanganan dan Pencegahan Covid-19 di Kecamatan Tambusai Utara. Camat Mastur mengatakan Kecamatan Tambusai Utara yang terdiri 11 Desa dan 8 Desa Persiapan di Kecamatan Tambusai Utara sangat peduli dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

"Dapat kami laporkan ke Pak Bupati, Terbukti setiap Desa di Kecamatan Tambusai Utara diwajibkan mendirikan Posko Pemantauan Siaga Covid-19, hal itu juga sesuai arahan Bupati Rohul H. Sukiman," kata Mastur

Tak hanya membangun Posko, diakui Mastur, setiap Desa juga telah menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Setiap rumah warga, perkantoran, tempat umum telah disediakan Cuci Tangan dan Hand Sanitizer.

Sementara itu, Kapolsek Tambusai Utara Iptu D. Raja Putra Napitupulu SIK mengaku juga telah melakukan razia di tempat hiburan dan billiar. Ia menegaskan kepada pengunjung jika melanggar atuaran akan dikenankan sanksi pidana yang tidak mengindahkan keputusan Presiden.

"Saya juga menghimbau kepada petugas jaga di Posko KM 11 dan KM 24, agar setiap supir bus turun untuk mengecek suhu tubuh, kita juga mendata penumpang asal dan tujuan kemana," katanya

Dalam Vicon itu, Setiap Kepala Desa diberi kesempatan untuk menyampaikan sejumlah upaya yang telah dilakukan dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 di Desanya masing-masing.

Pada umumnya Kepala Desa telah berupaya dalam pencegahan virus Corona, seperti mendirikan Posko, memproduksi dan membagikan Masker, penyemprotan Disinfektan, mendata warga yang masuk ke desa dan bantuan APD

Seperti Kepala Desa Rantau Sakti, Purwadi ST mengatakan telah membagikan masker dan penyemprotan disinfektan di tempat fasilitas unum desa, sekolah dan rumah ibadah bekerjasama dengan karang taruna dan 78 relawan untuk pos penjagaan.

“1000 masker juga sudah kita bagikan untuk masyarajat, namun masker tersebut diberikan sesuai skala Priortas, pertama untuk yang tua, rentan terdampak Covid-19, untuk ODP dan PDP, selebihnya masyarakat yang dominan melaksnakan kegaiatan dilapangan,” kata Purwadi

Hal senada juga disampaikan Kades Mahato Firiadi, Ia mengaku telah mendirikan Posko Covid-19 di KM 11 dan KM 24. Selain itu, Pemdes Mahato juga telah menyerahkan APD, Kaca Mata Pelindung, Helm dan Sepatu kepada tim Medis.

“Kita juga sudah melakukan Penyemprotan Disinfektan dirumah warga, insya allah besok kita akan membagikan 10 ribu Masker untuk masyarakat Mahato dan juga telah dibuat tempat mencuci tangan dengan harapan dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” harap Firiadi.

Atas upaya yang dilakukan Kepala Desa di Tambusai Utara, Bupati H. Sukiman mengapresiasi Pemerintahan Desa (Pemdes) dalam upaya pencegahan penanganan covid-19 yang perlu dicontoh, agar seluruh masyarakat menjaga dan mencegah penyebaran virus Corona ini mulai dari tingkat desa, RW dan RT.

Mantan Dandim Inhil ini mengaku upaya pencegahan seperti membagikan masker, menyediakan tempat mencuci tangan di setiap rumah dan mengimbau warga yang datang dari luar daerah untuk melakukan isolasi mandiri.

”Mencegah penyebaran Virus Covid-19 harus atas kesadaran dan keikhlasan bersama sehingga tidak hanya dilakukan pemerintah semata, namun sejatinya merupakan tugas kita bersama,” tegas Sukiman

Bupati Sukiman menegaskan Kepala Desa terus melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan di antaranya menjaga pintu masuk desa, mendata warga yang keluar dan atau masuk, mengkampanyekan rajin mencuci tangan.

"Termasuk juga pencegahan penularan covid-19 dengan menyiapkan tempat isolasi dan langkah antisipasi jika ada warga desa yang menunjukkan gejala terjangkit virus Covid-19,"

Bupati Sukiman juga meminta kepada Camat mendata warga 44 KK kurang mampu dan terdampak langsung Covid-19 diseluruh Desa se Rohul, Pemkab akan memberikan bantuan selama 3 bulan Rp 600 ribu Per Bulan, kepada warga selain penerima Bantuan Pangan Non Tunai dan Program Keluarga Harapan (PKH). (Tim/Diskominfo)

0 komentar:

Posting Komentar