Polling Pilkada Sumbar 2020

Senin, 27 April 2020

Desa Binamang dan Desa Intan Jaya lakukan aksi nyata putuskan mata rantai penyebaran Virus Corona

Xlll Koto Kampar(SP) - Desa Binamang yang berada di Kecamatan XIII Koto Kampar dan Desa Intan Jaya Kecamatan Tapung Hulu lakukan aksi nyata guna memutus mata rantai penyebaran Virus Corona Covid-19 di Desa mereka, Senin (27/4)

Kesiap-siagaan relawan Desa melawan Penyebaran Virus Covid-19 di Desa Binamang Kecamatan XIII Koto Kampar. Adalah merealisasikan rencana kerja relawan desa yang telah sesuai dengan protokol relawan desa lawan Covid-19 yang ditulis kementerian Desa PDT dan Transmigrasi.

Dengan upaya  pencegahan penyebaran Covid-19 diantaranya Mendirikan pos jaga desa di gerbang atau perbatasan desa yang dilengkapi dengan termal gun,  semprotan disinfektan,  hand sanitizer,  tempat  cuci tangan dan sabun, penyediaan masker swadaya yang dijahit ibu Pkk, Mendirikan ruang  isolasi di puskeswan, Menyiapkan APD dan logistik  lainnya, Berkoordinasi dengan babinsa dan bidan desa terkait sosialisasi pencegahan penyebaran covid 19.

Selain itu juga melakukan pemantauan ODP bersama, melakukan pengawasan dan pemeriksaan setiap pendatang di pos jaga desa dengan cek suhu tubuh  dan penyemprotan desinfektan ke mobil.

Sementara itu, relawan Desa lawan covid 19 dari Desa Intan Jaya Kecamatan Tapung Hulu mengambil langkah berikut, aparat Desa bekerjasama dengan Babinsa, TNI dan pihak Kecamatan serta pemuka agama untuk mensosialisasilan tindakan pencegahan dan penanganan covid 19 di pasar dan mesjid.

Tim ini  bergerak tegas merazia  pedagang pasar yang tidak patuh untuk memakai masker selama berada dipasarkan tidak dibolehkan berjualan lagi yang merupakan langkah Kesiapsiagaan relawan Desa lawan covid 19 di Desa Intan Jaya.

Langkah lainnya, pihak Desa bekerjasama dengan tim PKK Desa untuk memproduksi hand  sanitizer dan masker yang nantinya akan dibagikan kepada warga setempat,
Posko  relawan desa lawan covid dipusatkan pada gedung posyandu yang menjadi salah satu prioritas penggunaan dana desa tersebut pada tahun anggaran 2019.

Semangat tim relawan Desa Binamang dan Desa Intan Jaya lawan Covid 19 ini patut diteladani oleh Desa lainnya. Bahu membahu mencegah penyebaran virus yang berbahaya ini. Semoga pandemik ini segera berlalu.(ontuo daus)

0 komentar:

Posting Komentar