Polling Pilkada Sumbar 2020

Jumat, 22 Mei 2020

A88 SMPN 1 Standar Sungai Sariak Bagikan 62.519.000 untuk Anak Yatim dan Dhuafa

Padang Pariaman, Sumatrapos.co.id -- Keluarga Besar A88 SMPN 1 Standar Sungai Sariak konsisten berbagi santunan kepada yatim dan dhuafa, tiap tahunnya. Lebih-lebih ditengah Wabah  Covid-19 yang melanda, semua pengurus Alumni semakin bersemangat menggalang dana, tak terkecuali ketua umum H. Japaruddin.

Pada tahun ini saja,  perkumpulan alumni SMPN1 Sungai Sariak angkatan 1988 itu berhasil menghimpun dana sebanyak Rp 62.519.000,- untuk kemudian disalurkan kepada anak yatim, kaum dhuafa dan anggota alumni yang kurang mampu, serta anak-anak mereka yang masih bersekolah.

"Alhamdulillah, hari ini (Kamis, 21/05) merupakan kegiatan hari ke- 3 kita menyerahkan santunan yang dihimpun alumni kepada yang berhak, setelah dilakukan pendataan, tahun ini dana sebanyak 62 juta tersebut kita salurkan kepada 85 orang anggota A88, 70 anak-anak dan 25 anak yatim" kata Ketua Bidang Sosial dan Kesra, Joni Friadi, yang juga didampingi Nasdini Indriani dan Hendri Jo selaku anggota.

Menurut Joni, sejumlah santunan tersebut dibagikan langsung ke empat titik lokasi berbeda yang sudah ditunjuk di Kecamatan VII Koto. Hari pertama di rumah Murniati Buluh Kasok, Nagari Sungai Sariak, hari kedua diserahkan di Nagari Lareh Nan Panjang, Sungai Sariak dan Bisati yaitu di kediaman Suarna, persis di belakang SMPN1  Sungai Sariak.

"Lokasi ketiga (hari ini) di tempat Darmadi yang memiliki usaha kolam pemancingan. Insyaallah, besok di Lubuak Pua, merupakan titik keempat dan terakhir, yaitu di rumah Yuniarti di Surau Duri Lubuak Pua, Nagari Balah Ayie. Adapun pembagian dana dipimpin langsung oleh koordinator wilayah Sdr. Hendri Gusvira, ST," tukuk Joni, yang kerap dipanggil Pak Wali oleh rekan-rekan A88, karena dirinya pernah menjabat Walinagari Balah Aie.

Ia juga menambahkan, berkat kerjasama dan koordinasi yang baik panitia hingga semua anggota dapat dikumpulkan, baik yang terdata maupun yang tidak terdata. "Bahkan bagi yang hadir pada hari terakhir pun tetap akan diberikan santunan, tentunya sesuai dengan kemampuan kami," tutupnya.

Ketua Koordinator A88 Wilayah Sumatera Barat Hendri Gusvira, ST memaparkan, bahwa sumber dana dihimpun dari zakat mal (zakat harta) keluarga besar alumni yang terbilang sukses, baik di kampung maupun yang berada di rantau.

"Pada tahun-tahun sebelumnya, santunan A88 ini kita bagikan bersamaan dengan acara berbuka bersama anak yatim, namun kondisi sekarang jauh berbeda, negara dan daerah masih berjuang melawan pandemi Covid-19, sehingga pembagiannya kita pecah menjadi empat titik dan disalurkan langsung dalam tempo empat hari," kata Hendri.

Hendri menuturkan betapa penting dan berartinya kegiatan ini dilaksanakan, terutama dalam rangka saling membantu, menjaga silaturahmi dan memupuk semangat kebersamaan antara Keluarga Besar A88 SMPN 1 Standar Sungai Sariak khususnya.

"Kegiatan ini bertujuan untuk saling membantu dan menjaga silaturahmi alumni, kita di sini sama, tidak ada istilah si kaya dan si miskin," ujar Hendri saat mengkoordinir pembagian santunan di wilayah Limpato.

Hendri juga mengatakan bahwa santunan tidak hanya dibagikan di  kampung saja, namun juga dibagikan ke rantau.

"Tadi siang telah kita transfer uang sebesar 10 juta untuk anggota A88 di DKI, Bandung, Riau dan Pulau Batam. Semua telah kita serahkan. Tinggal lagi satu orang anggota yang berada di  Malang, Insyaallah besok langsung kita transfer uangnya. Terimakasih semuanya," tutup Hendri Gusvira, ex anggota DPRD Padang Pariaman tersebut.

Sore itu, Darmadi (50) tampak senang, pasalnya ia dikunjungi rekan-rekan satu angkatannya sewaktu bersekolah di SMPN 1 Sungai Sariak dulu. Selain dapat menjalin silaturahmi, ia beserta empat orang anaknya juga masuk daftar penerima santunan senilai 1 juta rupiah. "Alhamduillah, semoga alumni A88 tambah solid ke depannya," pungkasnya.

Kepengurusan alumni SMPN1 Sungai Sariak angkatan tahun 1988 yang lebih dikenal dengan A88 ini dikukuhkan pada tahun 2008. Namun mulai aktif melakukan aksi sosial sejak 2017, rutin dilakukan setiap tahun. Gerakan pada tahun 2020 ini merupakan yang keempat. Dalam susunan struktur pengurus ada nama Yulius, Amran dan Datuak Suardi sebagai Dewan Pertimbangan. (AKB)

0 komentar:

Posting Komentar