Polling Pilkada Sumbar 2020

Rabu, 13 Mei 2020

Bupati Rohul H. Sukiman Ajak Tetap Siaga dan Taati Protokol Pencegahan Covid-19.

ROKAN HULU(SP) – Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman bersama Kepala OPD Rohul melakukan Video Conference (Vicon) dengan Camat Kepenuhan, Upika dan Desa se Kecamatan Kepenuhan, yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rohul, Pasir Pengaraian, Selasa (12/5/2020).

Pada Vicon itu, Bupati H. Sukiman didampingi Kepala Dinas Kominfo Rohul yang juga Jubir Covid-19 Corona Rohul Drs Yusmar M.Si, Kadis Perpustakaan dan Arsip H. Damri Poti S.Sos M.AP, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Kadis DPMPD Rohul Margono S.Sos M.Si, Kadis Sosial dan P3A Rohul Hj Sri Mulyati S.Sos M.Si, Kaban Kesbangpol Rohul Musri S.Sos dan Kepala OPD terkait lainnya.

Pada Vicon tersebut, Camat Kepenuhan Gustia Hendri S.Sos melaporkan kepada Bupati Rohul H. Sukiman terkait perkembangan dan penanganan Covid-19 di Kecamatan Kepenuhan, hingga Selasa (12/5/2020) Total ODP berjumlah 16 Orang, ODP Selesai Pemantauan/Sehat 244 Orang, PDP Sembuh 1 orang, Sementara Pasien Positif Nol.

Selain itu, Tambah Gustia, Upika Kecamatan Kepenuhan bersama Kapolsek dan Danramil Kepenuhan dan Kades serta seluruh elemen masyarakat terus melakukan Sosialisasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan Protokol Kesehatan, seperti tidak boleh membuat kerumunan dan keramaian, Physical Distancing dan Patroli memberikan arahan kepada masyarakat utuk wajib memakai masker.

“Alhamdulillah Kecamatan Kepenuhan masih Zona Aman atau Zona hijau. Kami bersama Upika dan 13 Desa selalu mensosialisasikan Protokol Kesehatan dalam melaksanakan Ibadah Shalat tarawih diseluruh rumah Ibadah,” kata Gustia

Lanjut Gustia, Upika Kecamatan Kepenuhan juga telah memberikan Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat Pendemi Covid-19, yang dibantu juga dari perusahaan-perusahaan yang beroperasi diwiliyah Kecamatan Kepenuhan.

“Beberapa Perusahaan yang beroperasi disini juga ikut berkontribusi memberikan bantuan kepada masyarakat,” kata Gustia

Gustia juga minta pendapat kepada Pemkab Rohul terkait pertanyaan dari PHBI Kecamatan Kepenuhan apakah pelaksanaan Shalat Idul Fitri bisa dilaksanakan dilapangan.

Senada juga dengan Danramil dan Kapolsek Kepenuhan AKP Dasril, pihaknya komitmen memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menghimbau masyarakat menggunakan masker diluar tumah dan menghindari kerumunan dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan serta telah membagikan masker dan penyemprotan disinfektan.

“Polsek Kepenuhan juga telah mendata warga kurang mampu atau warga yang terdampak secara ekonomi akibat Pandemi Covid-19 untuk diberikan bantuan, terutama bagi warga yang tidak menerima bantuan PKH, BLT dan BPNT,” kata AKP Dasril

Menjawab masukan dari masyarakat Kepenuhan, Bupati Rohul H. Sukiman memaklumi masyarakat melaksanakan shalat tarawih di Mesjid, tetapi tetap mentaati Protokol Kesehatan dengan jaga jarak, bekerja dirumah, beribadah dan belajar di rumah.

“Pemkab telah mengeluarkan surat edaran dan himbauan, tetapi kami tidak bisa melarang yang penting masyarakat mematuhi aturan dan mentaati Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19,” kata Sukiman

Bupati H. Sukiman juga meminta kepada Upika dan relawan Desa untuk tetap siaga mendata, mencatat dan mendeteksi warga yang baru pulang Jawa dan daerah lainnya yang sudah terinfeksi Covid-19 atau masuk zona merah.

“RW, RT Kadus merupakan garda terdepan dalan pencegahan Covid-19 di Desa, jadi kalau ada warga yang baru pulang dari daerah zona merah segera laporkan dan isolasi mandiri selama 14 hari,” kata Sukiman. (Tim/rls/Diskominfo).

0 komentar:

Posting Komentar