Polling Pilkada Sumbar 2020

Kamis, 14 Mei 2020

Bupati Rohul Minta Seluruh Pengusaha dan Perusahaan Untuk Ikut Bantu Ekonomi Warga Terdampak Covid-19

ROKAN HULU(SP)  - Di tengah pandemi Covid-19, seluruh berbagai Perusahaan dan Pengusaha yang beroperasi di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), diminta untuk ikut berpartisipasi dan berkontribusi meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Corona Virus Desease atau Covid-19.

‘’Selain Pemkab, Perusahaan juga harus ikut berpartisipasi membantu warga terdampak virus Corona. Saya menghimbau, meminta kepada Perusahaan-Perusahaan khususnya yang beroperasi di Rohul  untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19,’’ kata Bupati Rohul H. Sukiman saat menerima laporan dari Camat dan Kades se Kecamatan Tandun melalui Video Conference (Vicon), Kamis (14/5/2020).

Tambah Bupati H. Sukiman, keikutsertaan Perusahan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan membantu ekonomi warga yang terdampak, akan menjadi bukti nyata kepekaan perhatianya terhadap kepeduliannya dengan masyarakat di sekitarnya.

Ditegaskannya, Alasan yang mendasar perlu adanya keterlibatan perusahaan dalam upaya pencegahan Covid-19 dan ekonomi warga adalah karena perusahaan memiliki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan di sekitarnya atau yang disebut CSR sesuai aturan yang ada.

“Karena para Pengusaha dan pemilik Perusahaan ini diharapkan dapat mengalokasikan anggaran melalui program Corporatate Social Responsibility (CSR)-nya untuk mengatasi penyebaran Covid-19 dan membantu perekonomian warga yang terdampak,” tegas mantan Dandim, Mantan Wakil Bupati Rokan Hulu ini.

Begitu juga sebaliknya, Kata Sukiman, Pemkab Rohul sangat mengapresiasi Perusahaan yang telah ikut berpartisipasi mencegah penyebaran Covid-19 ditengah masyarakat. Ia berharap ini menjadi contoh bagi Perusahaan yang belum berpartisipasi dalam pencegahan Covid-19 di Negeri Seribu Suluk.

Sebelumnya, Camat Tandun M. Rodi S.Sos mengaku memang ada beberapa perusahaan yang telah membantu Penanganan Covid-19, sementara bantuan perekonomian warga dalam bentuk bantuan sembako belum ada. 

“Seperti PTPN V, PT SIS memberikan bantuan masker, Bulog Tengki Air Cuci Tangan, Bank BRI 100 masker 100 dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul menyerahkan 50 Ribu Bibit ikan, sementara bantuan dalam bentuk sembako belum ada lagi,” kata Camat Tandun

Camat Rodi juga menjelaskan perkembangan Posko Simpang TB yang saat ini berjalan lancar tanpa ada kendala. Terkait beberapa masukan petugas terkait uang transport dan konsumsi petugas serta kekurangan APD. Ia mengatakan akan melakukan koordinasi dengan Tim Gugus Tugas Kabupaten dan Diskes Rohul.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Puo Raya Yasrijon, Ia mengaku sampai saat ini perusahaan yang beroperasi diwilayahnya belum ada memberikan bantuan, baik dalam sarana prasarana pencegahan Covid-19 maupun bantuan dalam bentuk sembako.

“Sampai saat ini bantuan Perusahaan PT Pinang Mas, PT SIS dan PT Kebun Taligram di Desa kami nihil, jika masyarakat membuat sesuatu yang tidak diinginkan, jangan salah masyarakat, masyarakat butuh masker dan sembako untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari akibat Pandemi Covid-19,” ditegaskan Yasrijon

Dalam pencegahan Covid-19, Yasrijon mengaku Pemerintah Desa bersama warga telah melakukan penyemprotan disinfektan rumah warga, bangun tempat cuci tangan, rumah ibadah, pos perbatasan kampar, bahkan pihaknya kerjasama dengan Pos PTPN V dalam menjaring dan mendata warga luar yang masuk ke Desanya.

Tampak hadir dalam Vicon itu, Kadis Kominfo yang juga Jubir Covid-19 Drs Yusmar M.Si, Kadis Perindag Rohul Drs Hen Irfan M.Si, Staf Ahli Bupati Irfan Ridho, Kadiskes Rohul dr Bambang Triono, Kadis DPMPD Rohul Margono S.Sos M.Si, Kadis DKPP Rohul Barikun SP dan Kadis Sosial dan P3A Rohul H. Sri Mulyati S.Sos M.Si. (Tim/Diskominfo).

0 komentar:

Posting Komentar