Polling Pilkada Sumbar 2020

Senin, 04 Mei 2020

Dari 19 Kabupaten/Kota Di Sumbar, Sijunjung Termasuk Tidak Ada Pasien Positif Corona

Sijunjung (SP) – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat (Sumbar) 3 Mei 2020, mencatat 195 orang terinfeksi virus Corona atau Covid-19. Dari 19 Kabupaten/Kota di Sumbar, Kabupaten Sijunjung termasuk daftar tidak ada pasien terjangkit Positif Corona di wilayahnya.

Bupati Sijunjung melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika selaku Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19), Rizal Efendi sangat mensupport kekompakan seluruh stakeholder di Ranah Lansek Manih yang sigap melawan Covid-19.

Menurut Rizal, kekompakan dan kedisiplinan masyarakat menjadi penentu keberhasilan dalam melawan virus mematikan ini. Sebab tanpa disiplin, masyarakat sangat sulit untuk memotong rantai penularannya.

“Sijunjung ini merupakan salah satu wilayah perlintasan. Tapi Alhamdulillah, mulai dari tingkat Nagari, Kecamatan hingga Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung serta masyarakatnya kompak saling menjaga wilayah, termasuk pemantauan terhadap perantau yang pulang kampung, masing-masing tim Gugas dari bawah hingga keatas dapat mendata secara optimal, sehingga warga itupun diminta untuk menjalani isolasi mandiri selama 14 hari dirumahnya," ungkap Rizal Efendi pada saat jumpa pers dengan wartawan liputan sijunjung di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati setempat, Senin (4/5).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, drg. Ezwandra menyampaikan bahwa Kabupaten Sijunjung masih zero (nol) pasien Covid-19. Meskipun demikian, seluruh lapisan pemerintah mulai dari tingkat nagari sampai kecamatan, tetap melakukan sesuai dengan prosedur yang ada.

“Dari delapan Kecamatan di Kabupaten Sijunjung, per tanggal 4 Mei 2020, total orang notifikasi sebanyak 5688 orang, total notifikasi selesai dipantau sebanyak 4501 orang, total yang selesai dipantau sebanyak 183 orang. Namun, dari data itu tidak ada satupun pasien positif terjangkit Corona,” ujarnya.

Lebih lanjut disebutnya, pasien yang terjangkit covid-19 memang tidak ada di Sijunjung. Namun, diantaranya Orang Dalam Pemantauan (ODP) masih ada sebanyak sembilan (9) orang yang sedang isolasi mandiri dirumah masing-masing, satu (1) orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ringan menjalani isolasi mandiri di RSUD Sijunjung.

Selain itu, satu (1) orang PDP yang dirujuk ke RS M Jamil Padang sudah pulang, sekarang melakukan karantina mandiri dirumah, serta ada dua (2) orang tanpa gejalah (OTG) Covid-19 sedang menjalani karantina mandiri dirumahnya, sekarang dalam pemantauan tim kesehatan.

“Mari kita berdoa semoga Allah SWT menjauhkan wabah covid-19 ini dari kita semua, dengan harapan kedepannya Kabupaten Sijunjung tidak ada yang terpapar virus corona,” pungkasnya.(Dicko)

0 komentar:

Posting Komentar