Polling Pilkada Sumbar 2020

Minggu, 03 Mei 2020

Nelayan Desa Tingkok Diduga Hilang di Sungai Sosa Ditemukan Sudah Meninggal

Foto korban saat dimakamkan dihadiri Kapolsek Tambusai AKP Yulihasman, S.Sos, mewakili Danramil dan Kedes Tingkok serta masyarakat setempat.
ROKAN HULU(SP) -  Setelah warga berupaya melakukan pencarian sejak diduga tenggelam di sungai Sosa saat pergi memancing, akhirnya warga menemukan seorang nelayan Desa Tingkok, Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu bernama Abdul Karim Lubis sudah meninggal dunia  Minggu (3/5/2020) pagi, Korban ditemukan sekira 3 Km dari perahu yang ia pakai memancing sejak Jum'at (1/5) sekira jam 19.30 wib.

Berdasarkan data diterma media ini, disampaikan Kapolres Rokan Hulu AKBP Dasmin Ginting, SIK melalui Paur Humas Ipda Feri Fadli, SH, membenarkan korban ditemukan Minggu tanggal 03 Mei 2020 sekira pkul 06.00 Wib di sungai Batang Sosa Desa Tingkok kecamatan Tambusai.

Lanjutnya, sesuai kronoligis, pada  hari minggu sekira jam 06.00 wib Saksi H. Lohot Daulay , 60 tahun petani, warga dusun 1 tingkok seperti biasa  hendak melihat jaring ikan miliknya di sungai sosa Dusun 1 Desa Tingkok.

Kemudian Korban melihat ada sosok mayat yang diduga Mayat Manusia tersangkut di batang kayu yang berada di sungai Batang Sosa tersebut, lalu saksi memastikan bahwa itu mayat orang.

Selanjutnya H Lohot pun lari ke kampung untuk memanggil warga, bahwa ia melihat ada mayat manusia di sungai Batang Sosa. Sehingga barsama warga lainnya saksi bernama  Erwin 30 tahun, Jasa 30 tahun dan Ahmat langsung ke TKP memastikan temuan tersebut dan memang benar yang ditemukan itu almarhum yang hilang tersebut.

"Setelah menastikan bahwa benar itu Mayat Kemudian saksi bersama warga menggakat jenasah dan saat diangkat bahwa syahnya benar itu korban yang hanyut hari Sabtu dini Hari tgl 02 Mei 2020 an. Abdul Karim Lubis, Warga Dusun 1 Desa Tingkok yang diberitaka hilang saat memancing Jumat (1/5) saat habis buka puasa bersama keluarga nya," kata Paur Humas Polres Rohul.

Penemuan Jenazah Korban Hanyut di Sungai Batang Sosa Berjarak 3 Km dari Tempat Semula  Awal Korban mencari Ikan.Selanjutnya jasad korban di bawa ke rumah korban dengan menggunakan tandu / keranda untuk selanjutnya di mandikan dan di sholat kan dan selanjutnya Dimakamkan.

"Pihak Keluarga menerima kematian korban dan tidak mau dilakukan Otopsi dan selanjutnya pihak korban membuat surat pernyataan menolak otopsi kepada pihak kepolisian Polsek Tambusai Resor Rokan Hulu, Daerah Riau," pungkasnya.

Pada berita sebelumnya, seorang nelayan Warga Desa Tingkok, Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, diduga hilang dari perahunya di Sungai Sosa di daerah Desa Tingkok.  Warga minta Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah Rokan Hulu tanggap dan turunkan Tim penyelam untuk dilakukan pencarian.

Nelayan itu bernama Abdul Karim Lubis, laki-laki, Warga Desa Tingkok, Kacamatan Tambusai, miliki Istri, Anak 5 orang diantaranya masih umur 3 bulan, diiduga hilang tenggelam saat ia memancing disungai Sosa, karena perahu yang digunakannya ditemukan terbalik.

Sesuai data penelusuran reporter media dilokasi sungai Sosa dan kepada masyarakat setempat, awalnya Jum'at, (1/5/2020) habis buka puasa, sekira jam 19.30 wib malam, Dia Abdul Karim pergi memancing dengan pamitan kepada keluarga nya.

"Abdul Karim red pergi memancing tersebut sekedar karena memang hobby dan juga beliau itu pandai berenang, namun dari anaknya mereka dengar ayahnga tidak pulang saat memancing itu

"Namun hingga jam 00 wib tengah malam Abdul Karim tidak pulang-pulang, karena kebiasaan nya pulang mancing itu paling lama jam 00 wib. Sehingga keluarganya pun merasa tidak tenang dan langsung menuju tepi sungai sosa untuk mencari dan memastikan mengapa Abdul Karim tidak pulang," cerita Warga dipinggir sungai Sosa itu.

Pada malam itu juga, kata warga Anaknya bernama Zainuddin Lubis yang pergi mencari ayahnya dan  sesampainya ditempat awal perahu di Tangkahan Lubuk Dusun, melihat ada sepeda motor ayahnya, namun ayahnya tidak ada, saat itu juga ia menyampaikan kepada masyarakat bshwa ayahnya belum pulang dari memacing hingga pagi Sabtu.(Fah/Tim).



0 komentar:

Posting Komentar