Polling Pilkada Sumbar 2020

Sabtu, 20 Juni 2020

KLK Ancam Demo, Tolak Yan Prana Jadi Komisaris Utama Bank Riau Kepri

Pekanbaru (SP) - Komunitas lawan korupsi (KLK) ancam akan menggelar aksi demo di depan kantor OJK dan kantor Gubernur provisi riau menolak yan prana jadi komisaris utama bank riau kepri.

Bukan tanpa alasan, KLK menilai bahwa merangkap jabatan nantinya akan menimbulkan berbagai konflik, sebab bertentangan dengan undang-undang.

"Yan prana adalah seorang pejabat  artinya kalau merangkap jabatan dengan menjadi komisaris utama bank riau kepri bertentangan dengan pasal 17 ayat a, undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik." kata ketua KLK muhajirin, minggu (21/06/2020).

"Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa pelaksana pelayanan publik dilarang merangkap sebagai komisaris atau pengurus
organisasi usaha bagi pelaksana yang berasal dari lingkungan instansi pemerintah, badan usaha milik negara, dan badan usaha milik daerah" lanjut Muhajirin.

Muhajirin mengingatkan, yan prana yang notabene seorang sekda harus memberikan contoh yang baik kepada seluruh bawahannya dengan mentaati peraturan.

"Berikan dong contoh yang baik kepada seluruh bawahan, sekda itu jabatan asn tertinggi didaerah loh, kan sudah jelas tuh aturannya gak boleh merangkap jabatan" ungkap Muhajirin.

"Kalau tetap ngotot ingin jadi komisaris utama, yan prana bisa dikenai sanksi pembebasan dari jabatan dan itu tertuang di pasal 54 ayat 7 UU pelayanan publik" tutup muhajirin.(SP)

0 komentar:

Posting Komentar