Polling Pilkada Sumbar 2020

Kamis, 11 Juni 2020

Limbah PKS Anak Perusahaan BUMN di Rohul Diduga Cemari Sungai Di Wilayah Tandun.

ROKAN HULU(SP) - Air Sungai Tapung atau sungai Sibuaya menghitam dan ikan-ikan banyak mati masyarakat Desa Tandun Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu mintak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) turun dan cek keadaan air sungai Tapung tersebut.

Berawal dari keluhan masyarakat Desa Tandun yang melihat warna air sungai Tapung menghitam dan ikan-ikan bermatian Patrun Rahman anggota DPRD kabupaten Rokan Hulu mintak DLH turun langsung tinjau keadaan sungai Tapung.

Di konfirmasi melalui sambungan telfonnya Patrun Rahman mengatakan keadaan sungai Tapung yang saat ini tercemar adalah akibat limbah pabrik PTPN V SEI Tapung yang berada di hulu sungai Tapung.

Sementa itu, Anggota DPRD Rokan Hulu Patrun Rahman sangat menyayangkan PKS anak Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) PTPN V itu bisa diduga sembarang membung limbah cair PKS nya ke sungai Tapung.

"Kalau itu benar, diminta DLH Kabupaten Rokan Hulu menindak tegas PTPN V, apabila terbukti mencemari sungai Tapung yang berada di Desa Tandun tersebut," katanya menjawab media ini Kamis, (11/6/2020).

Di tempat terpisah di konfirmasi
Kabid Penaatan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup DLH Rokan Hulu Muzayyinul Arifin
membenarkan dugaan itu, dan  Tim dari DLH Rohul didampingi Camat Tandun, meneger PKS PTPN V SEI Tapung, BPD Desa Tandun dan masyarakat Tandun  sudah melakukan verifikasi dilapangan sungai Tapung.

Lanjutnya, dugaan pencemaran limbah dan pengambilan air Sungai Sibuaya bagian Hulu (upstream) dan Hilir (downstream) outlet IPAL PT. PN V PKS SEI. TAPUNG serta air yang diduga limbah pada aliran outlet IPAL sudah di ambil samplenya.

"Di Tiga lokas sampel tersebut selanjutnya akan diuji di Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Rokan Hulu, untuk menguji hasil pencemaran di sungai itu," jelas Muzayyinul Arifin

"Dan untuk sementara ini pencemaran air sungai Tapung tersebut diduga dari air cucian pabrik dan air limbah yang mengandung abu boiler dari PKS PT. PN V SEI. TAPUNG," Jelasnya lagi. (Fah/Tim).

0 komentar:

Posting Komentar