Polling Pilkada Sumbar 2020

Hosting Unlimited Indonesia

Kamis, 11 Juni 2020

Ocu Mapan Dicanangkan Bupati Kampar di Kelurahan Langgini

Bangkinang(SP)- Program Optimalisasi Cara Untuk Mandiri Pangan atau disingkat dengan Ocu Mapan di canangkan oleh Bupati Kampar di Kelurahan Langgini Kecamatan Bangkinang Kota dan akan diadakan disetiap kecamatan yang ada di Kabupaten Kamapar. Kamis, (11/06/ 2020).

Pencanangan ini ditandai dengan penandatanganan serta pembukaan selubung papan nama Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati Kelurahan Langgini Kecamatan Bangkinang Kota oleh Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH dan Ketua TP PKK kabupaten Kampar Hj. Muslimawati Catur yang disaksikan oleh Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal ST. MT, Sekda Kampar Drs. Yusri dan Ibu Juli Mastuti dan seluruh undangan yang hadir.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal ST MT, Ketua TP PKK Kampar Hjm Muslimawati Catur,  Anggota DPRD Kampar, Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. Yusri dan isteri Juli Mastuti,  Ketua Baznas Kampar Basri Rasyid dan staf Baznas Kampar, mewakili Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura  Provinsi Riau, mewakili Balai Pengkajian Tekhnologi Pertanian (BPTP) Riau Dr. Salwati spm.msi, Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan se Kabupaten Kampar,Lurah Langgini
Rieka Jonita.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kampar mengatakan Ocu Mapan hendaknya mampu mengangkat Ekonomi masyarakat serta dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Begitu juga terhadap dampak dalam  Terhadap pengendalian Inflasi Daerah.

" Semoga ini dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga serta memenuhi kebutuhan pangan dan asupan gizi bagi masyarakat melalui sayuran, daging, ikan dan komoditas harian masyarakat"katanya.

Lanjut Bupati Kerja sama semua stakeholder dalam mewujudkan, serta kepastian dalam pemenuhan kebutuhan ditengah Pendemi Covid-19 dengan pemanfaatan lahan pekarangan yang belum digarap.

" Kegiatan ini akan dikembangkan setiap kecamatan, dengan program ini  Mampu memenuhi kebutuhan keluarga serta upaya untuk penanggulangan inflasi Daerah" lanjut Bupati.

Program Ocu Mapan ini dengan memanfaatkan pekarangan maupun dengan media polibag. Tekad kita bersama dalam upaya pemenuhan kebutuhan  dimana Pendemi Covid-19 ini kita tidak tau sampai kapan berakhirnya.

Bupati Kampar melakukan tabur benih sayuran dilanjutkan mengunjungi lahan, ternak dan hasil panen Bupati Kampar menanyakan dan berbincang dengan petani Bupati Kampar berharap dapat mencari solusi tentang kendala yang dihadapi salah satunya pemasaran, tentunya ini dapat kita carikan solusi bersama.

Sementara itu  Ir. Cokroaminoto Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar  mengatakan Ocu Mapan dengan optimalisasi lahan, optimalisasi kinerja SDM, optimalisasi pemanfaatan Tekhnologi, bila seluruh ini Kita maksimalkan Insyaallah akan mampu memenuhi kebutuhan keluarga maupun untuk dipasarkan untuk mewujudkan  mandiri pangan dikabupaten Kampar. Dengan penerapan tekhnologi pertanian.

" Dengan pencanangan Ocu Mapan,  harapan Semua stakeholder dapat memberikan kontribusi termasuk anggaran dalam mendukung program Ocu mapan, mulai dari desa sampai ke kementerian. Yang akan di kelola melalui  sekretariat pelaksana" katanya

Pada kesempatan tersebut Bupati Kampar menyerahkan Bantuan pemanfaatan pekarangan pendukung pengendalian Inflasi Daerah untuk 3 KWT di Tiga Desa, penyerahan bantuan Pemanfaatan Pekarangan Hatinya PKK, Bantuan Bibit ayam dan benih sayuran untuk kelompok Desa Mandiri Pangan untuk 2 KWT di Dua Desa, penyerahan tabungan Bantuan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) untuk 10 KWT/10 desa Rp. 15.000.000,- perdesa lanjutan KRPL 2019 dari Kementerian Pertanian, penyerahan bantuan bibit untuk 100 rumah Tangga sejumlah 2.500 Batang.

Sementara dari Baznas Kampar diserahkan Juga Rp 58 Juta yang dialokasikan untuk Kandang dengan ukuran 4 × 12 meter dan Kambing sebanyak 22 Ekor.(Ontuo daus)

0 komentar:

Posting Komentar