Polling Pilkada Sumbar 2020

Kamis, 23 Juli 2020

Anggota DPR RI dan Kakanwil Kemenag Riau Tinjau Gedung MAK di Talikumain Tambusai

Anggota DPR RI Drs  H Achmad,M.Si, Kakanwil Kemenag Riau, Kakanwil Kemenag Rohul dan rombongan, melihat bangunan MAK Rohul  yang dibangun melalui dana APBN Rp7 miliar. MAK di Talikumain satu satunya di Riau dan hanya ada 5 di Indonesia

ROKAN HULU(SP) - Anggota DPR/ MPR RI komisiVIII Drs.H. Achmad.M.Si bersama Kakanwil Kemenag Riau H.Mahyudin serta rombongan, melihat bangunan sekolah Madrasyah Aliyah Kejuruan (MAK) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) di Desa Talikumain Kecamatan Tambusai.

MAK Rohul yang menjadi sekolah pertama di Riau dan hanya ada 5 MAK si Indonesia, dibangun melalui bantuan Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) berdiri di lahan seluas 10 hektar, di Desa Talikumain Kecamatan Rambah, dengan jurusan perkebunan da Pertanian.

Anggota Komisi VIII DPR RI Achmad kepada warga mengatakan, saat ini di Rohul sudah berdiri sekolah MAK yang kedepannya diharapkan menjadi ikon pendidikan sekolah agama dengan jurusan perkebunan dan pertanian.

"Sehingga kita upayakan MAK Rohul kita upayakan dinegerikan dan sudah dimasukan anggaran 2021. Bila MAK sudah dinegerikan maka beban akan ditanggung penerintah, dengan MAK akan jadi daya tarik.Nantinya seleksi sistim online secara nasional penerimaan siswanya dan nantinya beragam suku sesuai karakter masyarakat kita yang bersekolah di MAK Rohul," sebut Achmad, dari Fraksi Partai Demokrat.

Hanya saja kata Achmad, masyarakat harus siap menerima dengan kehadiran sekolah yang nantinya bisa jadi pusat ekonomi masyarakat akan tumbuh. Seperti halnya tahun 2016-2017 tembus kunjungan ke Masjid Agung Islamic Centre Rohul, karena kita benar benar urus kegamaan maka Allah akan limpahkan rahmat ke kita,, termasuk seperti MAK Rohul. 

"Bila nantinya MAK Rohul sudah berdiri, maka karkater masyarakat tempatab juga harus dibenahi bersama sama, agar MAK Rohul yang hanya satu satunya di Riau  jadi yang terbaik, dan banyak membawa dampak ekonomi masyarakat," harap Achmad. 

Apalagi tambah Achmad, sudah Rp 7 miliar dana yang dikucurkan Kemenag RI untuk pembangunan sekolah MAK Rohul didukung sarana prasarananya.

Di kunjungan kerja Anggota DPR RI Achmad dan Kakanwil Kemenag Rohul, hadir Kakan Keenag Rohul H.Syahrudin.M.Sy, KTU H.Zulkifli Syarif.M.Ag, Sekcam Tambusai, Kades Talikumain Rahim, dan masyarakat Talikumain.

Tokoh masyarakat yang juga Kades Talikumain Rahim mengaku, MAK satu satunya di Riau dan hanya 5 di Indonesia dan bangga karena berada di daerah Talikumain. Sehingga seluruh masyarakat mendukung program pemerintah di Talikumain, dan menerima siapapun yg datang untuk bersinergi demi kemajuan anak anak dimasa depan, mau suka tidak suka harus menyiapkan diri dalam persaingan kedepannya

"Apalagi kita miliki putra terbaik di Rohul Achmad kedepannya yakin membawa marwah nama daerah kita berterima kasih ke pak Achmad yang mengagas kegiatan kita, bahwa kita sudah memulai MAK merintisnya sejak 2015," kata Kades.

Kakanwil Kemenag Riau Mahyudin mengaku,  yang berbeda dengan sekolah yang lainnta dimana MAK nantinya para pelajar ahli di perkebunan pertanian dan segala macam namun mereka itu ulama yang mondoknya itu mereka diajarkan kitab kuning segala macam.

"Sehingga mereka itu nanti tukang kebun tapi mereka sama denga insan cendekia dia punya intelek yang tinggi, saat ini kita masih menunggu penegriannya. Bila sudah negeri maka kita segera buka penerimaan pelajar baru diperkirakan tahun ajaran baru di tahun depan MAK sudah dibuka," sebut Kakanwil Kemenag Riau. 

Usai beri pemahaman ke masyarakat, Achmad dan Kakanwil Kemenag serta rombongan menyempatkan melihat bangunan yang sudah dilaksanakan, teemasuk.fasilitas pendukung lainnnya. (Rls/SHI Group)

0 komentar:

Posting Komentar