Polling Pilkada Sumbar 2020

Rabu, 15 Juli 2020

Bersama Forkopimda, Kapolres Rohul Mediasi Konflik Bongkar Muat TBS di PMKS PT. MIS Mahato.

Kapolres Rokan Hulu dan Mewakili Bupati dan Forkopimda saat acara mediasi di 
di Ruang Rupatama Kantor Polres Rokan Hulu
ROKAN HULU(SP) - Kepolisian Resor Rokan Hulu Daerah Riau mengundang Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam rangka mediasi terkait kegiatan bongkar muat di Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT. Mahato Inti Sawit (MIS) yang beralamat di Dusun Sidodadi Desa Mahato, Kecamatan Tambusai Utara.

Mediasi tersebut adanya polemik antara PUK F.SPTI Dusun Sidodadi Desa Mahato dengan PUK F.SPPP Desa Mahato terkait bongkar muat TBS di PMKS PT. Mahato Inti Sawit (MIS) Desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu tersebut yang dinilai  berpotensi menimbulkan konflik antara kedua belah pihak.

Dalam rangka mengantisipasi Situasi Kamtibmas, sehingga dilaksanakannya mediasi Rabu (15/07/2020) pukul 14.50 wib bertempat di Ruang Rupatama Kantor Polres Rokan Hulu di Jalan Lingkar KM 4 Pasirpengaraian Desa Suka Maju, Kecaman Rambah guna untuk mencari solusi penyelesaian permasalahan tersebut.

Mediasi langsung dipimpin oleh Kapolres AKBP Dasmin Ginting, SIK bersama Asisten II Setda Kabupaten Rokan Hulu Ir.H.M. Ruslan M.Si mewakili Bupati H.Sukiman, Ketua Komisi III DPRD Rohul Ali Imran mewakili Ketua DPRD, Kajari Ivan Damanik, SH.MH, Ketua PN Pasirpengaraian Sunoto, SH, MH dan Danramil 02 Rambah Kapten Inf. Kasmir mewakili Dandim O313 Kampar.

Hadir juga Kepala Dinas Koperasi UKM Transmigrasi dan Tenaga Kerja setempat Zulhendri, S.Sos, M.Ip, Kabag Ops Polres Rokan Hulu Kompol Jhon Firdaus, A.MK, Kasat Intelkam AKP Edi Sutomo, SH.,MH, Camat Tambusai Utara Mastur S.Sos, Kapolsek Tambusai Utara Iptu. D.Raja Napitupulu S.IK, Danramil 11 Tambusai yang diwakili oleh Babinsa Serma Syofyan, Kades Mahato Firiadi dan tokoh masyarakat Desa Mahato Ir. Mahyuddin serta Tokoh Pemuda Syofian Hadi.

Pada mediasi itu juga ada dari Pihak F.SPPP Sekeretaris DPC Rohul Ramses Hutagaol, SH, MH, Pengurus PUK F.SPPP Mahato Gudmen Panjaitan dan Lainnya, sedangkan dari F-SPTI ada Ketua DPC Rohul Muhammad Sahril Topan, ST juga Pimpinan DPRD Rohul bersama Pengurus dan dari PUK F-SPTI Mahato H. Hamdan dan lainnya. Ada juga Manager PMKS PT.MIS  M.Siboro didampingi Humasnya S. Sembiring.

Berdasarkan pantauan dan data di lapangan bahwa saat ini pihak yang telah mendapatkan KKB dari perusahaan adalah F. FSPP FUK PT. MIS yang di ketua oleh Gudmen Panjaitan. Sehingga pada kegiatan mediasi tersebut diperoleh kesepakatan sebagai berikut :

1. Perusahaan akan berjalan seperti biasa pada hari Kamis tanggal 09 Juli 2020, untuk sementara waktu bongkar muat dilaksanakan sesuai dengan KKB.

2. Para pihak dikoordinir oleh Kades Mahato dan para tokoh untuk mencari solusi lain dan apabila tidak ada penyelesaian maka dipersilahkan untuk menempuh jalur hukum

3. Kedua belah pihak sepakat untuk menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

4. Kedua belah pihak bersepakat untuk menjaga iklim investasi di Kabupaten Rokan Hulu yang aman dan kondusif termasuk diantaranya di PKS PT. MIS Desa Mahato Kec.Tambusai Utara.

Selanjutnya masing-masing pihak menandatangani Kesimpulan dan Notulen Mediasi.

Dalam kesempan itu Kapolres Rokan Hulu AKBP Dasmin Ginting, SIK menghimbau kepada kedua belah pihak dan seluruh elemen masyarakat agar dapat bersama - sama untuk menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Rokan Hulu dan Desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara Khususnya di PMKS PT. MIS yang akan mulai beroperasional di daerah tersebut.

"Mari kita semua menjaga sitkamtibmas yang aman, sejuk, damai di Kabupaten yang sama-sama kita cintai ini," himbau Kapolres Rokan Hulu. (Fah/SHI Group).


0 komentar:

Posting Komentar