Polling Pilkada Sumbar 2020

Minggu, 19 Juli 2020

Ekspose Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Rohul 19 Juli 2020, Positif OTG Jadi 2 Orang, Dihimbau Tetap Protokol Kesehatan

Juru Bicara  Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Rohul Drs. Yusmar, M.Si didampingi Kabid P2P Dinkes Rohul dr. Darmadi Lubis.
ROKAN HULU(SP)-  Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Pemkab-Rohul) Provinsi Riau, Minggu (19/7/2020),  gelar konferensi pers di media centre Covid-19 terkait adanya penambahan terkonfirmasi 1 Positif Orang Tanpa Gejala (OTG), sampai dengan hari ini menjadi 2 OTG. Keduanya masih dirawat Isolasi di RSUD Rokan Hulu Pasirpengaraian.

Data ini sesuai Rekap Surveilens Covid 19 RSUD, Dinas Kesehatan, berasal dari laporan Kepala Puskesmas se Kabupaten Rokan Hulu dan data seluruh Dokter, Bidan dan Petugas Kesehatan di Kecamatan dan Desa se Kabupaten Rokan Hulu setelah diumumkan oleh Tim Gugus Tugas Provinsi Riau

Pada ekspose ini disampaikan Ketua TGT Covid-19 Pemkab Rohul juga Bupati Rohul H. Sukiman melalui Juru Bicara Drs. Yusmar, disampingi Kabid P2P Dinas Kesehatan Pemkab Rohul dr. Darmadi Lubis mewakili Kepala Dinas Kesehatan dr. Bambang Triono, Orang Dalam Pemantauan (ODP) total 8.743 orang, dengan status masih dipantau 279 orang, penambahan ODP baru 18 orang, berkurang ODP di pantau 14 orang bertambah ODP selesai di pantau 32 orang.

"ODP  ini, warga yang kembali dari luar Rokan Hulu, atau warga lain yang datang ke Rokan Hulu, dari daerah yang sudah terinveksi Covid 19," kata Jubir Tim Gugus Tugas Covid-19 Rohul.

Lanjut Yusmar, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berdasarkan
keterangan Tim Medis, melalui
Direktur RSUD Rokan Hulu dan hasil Rekap Surveilens Penanganan Covid 19, Dinas Kesehatan, ada penambahan PDP baru 1 OTG terkonfimasi Positif Covid-19.

"Sehingga total PDP berjumlah 72 orang, selesai perawatan 70 orang, 2  orang masih di rawat/isolasi, 1 orang terkonfirmasi Positif OTG," jelas Yusmar.

Lanjutnya, Status Positif ada penambahan 1 OTG, sehingga saat ini status positif menjadi 5 orang, dengan rincian 3 orang telah sehat, status Positif menjadi 2 OTG Atas nama B.A, 20 tahun dan nyonya N 31 tahun, salah satu petugas kesehatan bertugas di Puskesmas Unit 1 Kecamatan Rokan IV Koto.

"Yang mana Nyonya N ini  riwayat perjalanan Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara awal bulan Juni 2020 lalu dan saat ini kedua OTG sedang di rawat isolasi di RSUD Rokan Hulu Pasirpengaraian," jelas Jubir TGT Covid-19 Pemkab Rohul.

Adanya penambahan Positif OTG ini, Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Rohul tetap menghimbau masyarakat untuk tidak panik, namun tetap waspada pada wabah  Pandemi Covid-19 ini yang sedang melanda Indonesia dan Dunia dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

Dijelaskannya untuk mengatisipasi serta pencegahan wabah bencana non alam ini, di daerah perbatasan masih dilaksanakan pemeriksaan
dan terus sosialisasi pelaksanaan Protokol Kesehatan meski sudah diumumkan penerapan tatanan baru atau adaptasi kebiasaan baru, dan tetap dihimbau kepada warga untuk tetap berpedoman pada Protokol Kesehatan anjuran pemerintah.

"Pakai Masker, jaga jarak, hindari
keramaian/berkumpul, cuci
tangan dengan sabun/air mengalir, menunggu pengumuman resmi dari pemerintah pusat," imbaunya.

Sementara itu menjawab wartawan ditambahkan Kabid 2P2 Dinkes Pemkab Rohul dr. Darmadi Lubis, Kedua OTG ini sedang dirawat di isolasi di RSUD Rokan Hulu Pasirpengaraian. An. BA hasil swab 3 dan 4 masih terkonfirmasi positif dan sedang menunggu hasil swab 5 dan 6 diharapkan hasilnya nanti negatif.

"Sedangkan Nyonya N ini terkonfirmasi positif hari ini, setelah diumumkan hasil pengambilan swab masal petugas kesehatan Puskesmas Rokan IV Koto untuk analis sendiri yang diambil pada  tanggal 16 Juni 2020," jelas Darmadi Lubis.

Lanjut Darmadi, untuk mengatisipasi, langkah pertama diambil sesuai dengan hasil kesepakatan, untuk sementara Puskesmas Unit 1 Rokan IV Koto mulai besok tidak melayani pelayanan. Karena petugas kesehatan yang diduga kontak dengan OTG Nyonya N kembali dilakukan pengambilan sample swab nya, meski hasil swab yang sudah diumumkan negatif.

Dan kepada keluarga Nyonya N, Suami dan anaknya juga dilakukan pengambilan swabnya.

"Sedangkan Pelayanan masyarakat di alihkan di Unit II Puskesmas Pembantu (Pustu) Kecamatan Rokan IV Koto di Desa Koto Ruang,"  pungkasnya. (Fah/SHI Group/Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Rohul)

0 komentar:

Posting Komentar