Polling Pilkada Sumbar 2020

Kamis, 30 Juli 2020

Polres Rohul Mediasi LKA Luhak Tambusai Dengan PT Hutahaean, Dihadiri Forkompinda

ROKAN HULU(SP)  –
Kepolisian Resor Rokan Hulu, Daerah Riau sudah melakukan mediasi terkait persoalan lahan ulayat Tambusai 
antara Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Luhak Tambusai dengan pihak PT Hutahaean Dalu-dalu.

Mediasi itu Selasa (28/07/2020) di Ruang Rupatama Mapolres Rohul dipimpin Wakil Kapoles Rokan Hulu
Kompol Willy Kartamanah, AKS. M.Si bersama Ketua PN Pasir Pengaraian Sunoto, SH.,MA, Kabag Adwil Setda Rohul, M. Franovandi, FS.STp, M.Si, Wakil Ketua Komisi I DPRD Rohul, Mukhlizar, SH, Kasi Intel Kajari Rohul Ari Supandi, SH, dari LKA Luhak Tambusai Ketua DPH, Taufik Tambusai SE Gelar Panglimo Pukaso dan dari mewakili Pimpinan PT Hutahaean S Sianturi.

Turut hadir, Ketua LAMR Rohul H. Zulyadaini, Kasi Sengketa Konflik Pertanahan BPN Rohul Misdawati, Kabid Sarpras Dinas Peternakan dan Perkebunan Rohul, Samsul Kamar, Kepala UPT KPH Rokan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, Yosevrisal Putra, SP, Camat Tambusai Muammer Ghadafi S.Sos.

Dalam mediasi itu, menurut Ketua DPH LKA Luhak Tambusai Taufik Tambusai dalam rangka mencari solusi permasalahan lahan antara LKA Melayu Luhak Tambusai dengan pihak PT. Hutahean Dalu-dalu Kecamatan Tambusai yang dikhawatirkan akan berpotensi menimbulkan Konflik diantara kedua belah pihak.

Lanjut Taufik Tambusai SE bergelar Panglimo Pukaso, terdapat beberapa tuntutan dari LKA Tambusai Kepada PT Hutahaean yang dianggap telah melanggar perundang-undangan dan memanfaatkan tanah Ulayat LKA Luhak Tambusai diantaranya, kompensasi 20 persen lahan untuk plasma Koperasi LKA Tambusai, Penyaluran CSR Perusahaan untuk biaya operasional LKAM Luhak Tambusai.

Selain itu, lanjutnya, menuntut pihak perusahaan menyerap tenaga kerja anak kemenakan melayu Luhak Tambusai dan melakukan pengukuran ulang lahan milik PT. Hutahaean dengan disaksikan langsung LKA Luhak Tambusai dan Forkopimda Rohul.

Dalam mediasi di Mapolres Rohul yang berlangsung alot tersebut, belum mendapatkan keputusan atau kesepakatan bagi kedua pihak agenda dan disepakati rapat di tunda sampai Selasa (11/08/2020) Polres Rohul.

"Ini beberapa tututan kami kepada PT Hutahaean dan diharapkan dari Perwakilan nya menyampaikan kepada Pimpinan Manajemen PT Hutahaeyan dan diharapkan ada jawabannya," kata Taufik Tambusai.

Selain itu dalam mediasi itu, Pihak LKA Luhak Tambusai dan Peserta mediasi minta pada pertemuan selanjutnya pemilik atau yang bisa mengambil keputusan dari PT Hutahaean juga dapat hadir, sehingga semua persoalan dapat segera diselesaikan. 

Dalam sambutannya Waka Polres Rohul mengharapkan dan menghimbau kepada kedua belah pihak baik dari LKA Luhak Tambusai dan PT Hutahean dalu-dalu, untuk dapat menyelesaikan masalah dengan  baik dengan mengutamakan saling menjaga Sitkamtibmas.

"Mari kita menjaga Sitkamtibmas di Kabupaten yang berjulukan negeri seribu suluk ini tetap aman, nyaman dan kondusif, dan pada permasalahan ini di bicarakan dengan tenang dengan saling duduk bersama," kata Wakapolres Rohul. (Fah/SHI Group).

Keterangan Foto Polres Rohul Mediasi LKA Luhak Tambusai Dengan PT Hutahaean, Dihadiri Forkompinda setempat.

0 komentar:

Posting Komentar