Polling Pilkada Sumbar 2020

Senin, 10 Agustus 2020

Wartawan Rohul Galang Dana Peduli Warga Miskin Sakit Kanker, Ini Kata Kankes Rohul

ROKAN HULU(SP) - Turut Peduli kepada sesama anak bangsa Indonesia, Puluhan Wartawan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohu) melakukan aksi penggalangan dana untuk Ibu Daliem (55 tahun) penderita kanker rahim di perutnya, warga Dusun Suka Maju Desa Pematang Tebih, Kecamatan Ujungbatu.

 Penggalangan dana ini di lakukan di kawasan bundaran Ratik Togak dekat bundaran Pemkab Rokan Hulu, Senin (10/08/2020)

Aksi simpati ini digelar dalam rangka mengumpulkan dana untuk membantu biaya pengobatan ibu Daliem yang menderita penyakit kanker rahim yang sudah dideritanya selama kurang lebih 4 bulan.

Selama penggalangan turut dihadiri dari Perwakilan Organisasi Wartawan di Kabupaten yang berjulukan negeri seribu suluk itu,  

dana terkumpul dari sumbangan ikhlas dari warga pengguna jalan yang kurang lebih 2 jam itu, berhasil dikumpulkan Rp 1.800.000.'

Disampaikan Alfian perwakilan rekan Jurnalis, penggalangan dana dilakukan sebagai turut peduli kepada salah seorang warga miskin bernama Ibu Daliem yang sudah 4 bulan ini terbaring ditempat tidur atas derita sakit rahim yang dideritanya.

"Kegiatan sosial ini dilaksanakan tanpa ada maksud untuk menyudutkan pihak tertentu. Ini murni kita lakukan untuk membantu sesama. Mengingat keluarga pasien tidak mampu buat biaya berobat," kata Alfian.

 Penggalangan dana yang dilakukan oleh wartawan ini rencananya akan di laksanakan sampai tiga hari kedepan.

 Lanjutnya, kegiatan sosial ini, akan di laksanakan sampai pada hari Rabu, hari ini di kawasan Ratik Togak Rokan Hulu dan rencananya besok akan dilaksanakan di simpang empat Taman Kota di Kelurahan Pasirpengaraian, Kecamatan Rambah.

 "Setelah selama tiga hari kita laksanakan kegiatan sosial ini baru kita serahkan kepada keluarga Ibu Daliem dengan harapan semoga keluarga Ibu Daliem Bisa terbantu buat berobat dan semoga cepat sembuh dari pemyakit yang di deritanya."Harap Alfian.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu dr. Bambang Triono mengatakan ibu Daliem yang menderita tumor warga Desa Pematang Tebih Kecamatan Ujungbatu, sudah dinasnya urus operasinya melalui Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Provinsi Riau.

"Ibu Daliem yang sakit tumor atau kanker itu, sudah kami urus untuk operasinya melalui program Jamkesda Provinsi Riau dari dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahmad diminta untuk dilakukan serangkaian pemeriksaan dan sudah dijadwal untuk dilakukan operasi," kata Kadinkes Rokan Hulu.

Lanjut yang akrab disapa dr Bambang, Dinkes Rohul selalu berkoordinasi dengan anak yang bersangkutan melalui bidang Yankes untuk mengurusi ibu nya tersebut.

"Kita sudah mendaftarkan ibu Daliem ke BPJS Kesehatan melalui PBI (Penerima Bantuan Iuran), tapi anak yang bersangkutan juga  mendaftarkan melalui BPJS Kesehatan mandiri. Jadinya double data yang bersangkutan. Hari ini sudah diselesaikan anaknya sudah  berkoordinasi dengan bidang yankes di Dinkes Rohul," jelas Bambang Triono.

Tidak itu saja, sebut Bambang,  Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu juga tetap berupaya untuk membantu ibu itu. Untuk biaya ibu dan pendamping transportasi, akomodasi dan konsumsi selama bolak balik sudah diklaimkan ke Dinkes Rohul. 

Anak yang bersangkutan tetap memasukkan ibunya ke BPJS Kesehatan mandiri, katanya aktif kartu bisa lebih cepat. semoga demikian lah ketua. Kita di Kabupaten Rohul sudah berupaya untuk membantu, karena harus dilakukan operasi di RS Arifin Ahmad Pekanbaru, tentunya kewenangan disana yang menentukan," pungkasnya. (Fah/SHI Group).

0 komentar:

Posting Komentar