Polling Pilkada Sumbar 2020

Sabtu, 01 Agustus 2020

Welcome August; Catatan dari Balik Tungku Penjarangan

Opini ============Oleh : Akbar Fithriansyah 

Dalam
penanggalan Masehi, saat ini kita sudah memasuki lembaran pertama bulan kedelapan dalam satu tahun Kalender Gregorian. Bulan Agustus, yang asal usulnya dalam bahasa Indonesia tidak begitu jelas ini merupakan satu dari tujuh bulan lain yang memiliki 31 hari.

Di tahun biasa, tidak ada bulan lain yang dimulai pada hari dalam minggu yang sama seperti bulan Agustus, walaupun tahun kabisat. Sedangkan bulan Februari, dimulai pada hari yang sama. Tiap tahunnya, bulan Agustus selalu berakhir pada hari yang sama dengan bulan November.

Bagi sebagian orang, Agustus merupakan bulan spesial tanda zodiak kelima dari konstelasi Leo, yang muncul setelah Kanser dan sebelum Virgo. Pada zodiak tropis, Matahari transit konstelasi ini pada 23 Juli sampai 22 Agustus. Sepanjang bulan ini, zodiak dengan simbol singa itu diperkirakan akan menjumpai keberuntungan dan memiliki hari-hari yang menyenangkan, menurut ramalan langit yang penulis sendiri sejak dahulu tidak pernah perduli.

Hari ini Sabtu (1/8) 11 Dzulhijjah 1441 Hijriyah, sehari pasca hari raya Idul Adha yang dirayakan oleh seluruh umat Islam di belahan dunia pada tiap 10 Dzulhijjah. Dimana bulan Dzulhijjah adalah bulan keduabelas dan terakhir dalam penanggalan Hijriyah. Artinya, Dzulhijjah berakhir di bulan ini dan umat Islam akan menyongsong tahun baru 1 Muharram juga pada bulan Agustus, tepatnya tanggal 20 Agustus mendatang.

Seringkali Idul Adha disebut pula sebagai Lebaran Haji atau Idul Kurban. Kurban merupakan ibadah yang sangat mulia dalam memaknai keteladanan pengorbanan Nabi Ibrahim as karena kecintaannya kepada Allah Swt. Dia mantap dan ikhlas melaksanakan perintah Allah untuk menyembelih anak kesayangannya yang telah lama dinantikan, Nabi Ismail as. Saat perintah akan dilaksanakan, Allah gantikan Nabi Ismail dengan Kibas (domba).

Istimewanya lagi, pada bulan ini pula tiap tahun momentum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia diperingati, yakni tiap tanggal 17 Agustus. Betapa bulan yang kebetulan bertepatan dengan kelahiran penulis ini begitu dinantikan dan dirindukan oleh segenap tumpah darah Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri. Bendera merah putih dikibarkan serempak, tiangnya terpancang tegak sejak mulai dari Sabang sampai ke tanah Merauke, serta di mana pun jua saudara-saudara kami berada. Tanpa komando, semua melantunkan ayat dan mengirim doa untuk para pejuang Bangsa dan Negara, agar arwah mereka damai di alam sana.

Tepat pada 13 Agustus nanti usia penulis genap 40 tahun. Tuo alun mudo talampau, baitu pameo palanta lapau. Namun paling tidak, penulis lebih muda dua tahun tiga hari dari Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Yudhoyono yang lahir pada 10 Agustus 1978 silam. Umpama rendang yang masih terjarang, tentu pada usia kepala empat nanti penulis masih perlu menjaga bongkahan-bongkahan bara agar api tetap menyala.

Demikian sedikit catatan, tak lebih dari sekedar menyambut ketibaan bulan Agustus 2020. Salam perjuangan dari balik tungku penjarangan.

#AnginMalam

0 komentar:

Posting Komentar