Polling Pilkada Sumbar 2020

Minggu, 20 September 2020

Dukung Olahraga Sumbar, Nasrul Abit Jamin Anggaran KONI Tak Di-refocusing


PADANG PANJANG(SP)
—Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit, menyatakan bahwa anggaran dana Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar untuk pembinaan atlet tidak di-refocusing.

"Anggaran semua dinas di Sumbar habis di-refocusing. Anggaran KONI Sumbar juga di-refocusing Rp16 miliar. Itu untuk keberangkatan ke Papua karena PON tak jadi tahun ini dilaksanakan. Tapi, anggaran untuk pembinaan atlet tidak kami refocusing karena kebutuhan atlet adalah yang utama," tutur Nasrul Abit dalam kegiatan pembekalan atlet PON XX-2021 Sumbar di Mifan, Padang Panjang, Sabtu (19/9).

Kegiatan ini diikuti 120 atlet dan 24 pelatih.

Nasrul Abit mengatakan bahwa dalam memberikan motivasi tentang arah kebijakan pemerintah dalam pembinaan prestasi olahraga, ia berpesan agar anggaran KONI tidak dipotong.

Hal ini diungkapkannya karena kecintaannya terhadap olahraga dan PON. Baginya, keikutsertaan Sumbar pada PON merupakan harga diri Ranah Minang di tingkat nasional.

Sebagai kepala daerah, Nasrul Abit mengakui sangat kagum terhadap keaktifan KONI Sumbar dalam menjalankan semua program.

Meskipun dalam situasi pandemi, cabang-cabang olahraga di bawah KONI Sumbar tetap berkegiatan. Karena itu, mau tidak mau Pemprov Sumbar harus selalu menganggarkan dana untuk olahraga.

"Semua program KONI Sumbar berjalan dalam masa pandemi. Yang paling penting adalah menjalankan semua kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan dalam menghadapi penyebaran Covid-19. Selain menganggarkan dana untuk pembinaan atlet dan pelatih, pemerintah dalam peranan untuk olahraga juga melaksanakan pembangunan infrastruktur penunjang olahraga," ucapnya.

Saat ini, kata Nasrul Abit, Pemprov Sumbar membangun stadion utama di Kabupaten Padang Pariaman. Dalam jangka pendek, stadion tersebut berfungsi sebagai tempat pelaksaan MTQ Nasional.

Ketua KONI Sumbar, Syaiful, berterima kasih kepada Pemprov Sumbar, khususnya Wakil Gubernur, yang telah mempertahankan anggaran dana untuk KONI. Ia mengatakan bahwa sebagian anggaran dana di Pemprov Sumbar mengalami refocusing. Ia bersyukur karena anggaran dana KONI tidak demikian.

"Alhamdulillah anggaran yang dialokasikan untuk KONI Sumbar sudah disalurkan untuk uang pembinaan atlet dan konsumsi atlet. Sekarang tinggal pembelian peralatan latihan dan pertandingan atlet. Sebenarnya, proses lelang sudah selesai. Tapi, karena pandemi Covid-19, butuh waktu untuk mendistribusikannya. Nantinya segera kita distribusikan," kata Syaiful.

Ia menjelaskan bahwa olahraga Sumbar butuh pemimpin seperti Nasrul Abit. Sebagai contoh, pada PON 2016 di Jawa Barat, Nasrul Abit dipercaya sebagai ketua kontingen. Sebagai ketua kontingen, ia tak henti-henti memotivasi atlet.

"Bahkan selama dua minggu atlet berjuang, Bapak Nasrul Abit tak pulang-pulang ke Sumbar karena menemani atlet. Berkat motivasi beliau jugalah, Sumbar berada di peringkat 11 dengan 14 emas. Itu merupakan perolehan emas terbanyak Ranah Minang dalam edisi 6 PON terakhir," ujarnya.

Syaiful berharap Nasrul Abit menjadi Ketua Kontingen Sumbar pada PON XX tahun 2021 agar prestasi Sumbar makin meningkat, baik dari sisi peringkat maupun jumlah perolehan emas. (Tmy*)

0 komentar:

Posting Komentar