Polling Pilkada Sumbar 2020

Rabu, 23 September 2020

NC Jadikan Pertanian " Panglima" Pembangunan Ekonomi Kerakyatan

Untuk Kabupaten Solok Terbaik Kedepannya


Arosuka(SP)- 
  Dalam upaya mewujudkan Kabupaten Solok menjadi “Kabupaten Terbaik dari yang Baik”, Calon Bupati Solok Nofi Candra(NC)  berkeinginan meningkatkan potensi sektor pertanian  sebagai andalan dan "panglima" pembangunan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Solok kedepannya.

Dikatakan Nofi Candra yang merupakan pasangan calon wakil bupati Yulfadri Nurdin ini memgatakan tanpa mengabaikan sektor lainnya, pembangunan sektor pertanian harus menjadi prioritas karena merupakan perekonomian utama masyarakat Kabupaten Solok sebagai daerah agraris.   Apalagi bila dilihat dari segi membuka lapangan kerja, sektor pertanian ini merupakan penyerap tenaga kerja terbesar.

“Kebijakan yang perlu di siapkan oleh Pemerintah Kabupaten Solok kedepan adalah pengembangan sektor pertanian dengan menciptakan kondisi berusaha yang kondusif bagi pelaku utama dan pelaku usaha. Disamping itu perlu memperkuat kelembagaan dan kemitraan yang tangguh dan partisipasif,”kata Nofi Candra seperti dilansir portalberita.com

Seperti diketahui Kabupaten Solok memiliki komoditas utama tanaman sayuran kentang, kubis, bawang merah, tomat dan cabe. Serta komoditas tanaman buah-buahan seperti  markisa, alpokat, durian, jeruk dan pisang yang selama ini sering terkendala pemasaran saat panen melimpah harga anjlok. 

Untuk mengatasi berbagai kendala tersebut mantan anggota DPD RI ini mengatakan para pelaku pertanian perlu diberi bimbingan dan penyuluhan agar bertindak cerdas dalam menggunakan faktor produksi, faktor pengembangan teknik pasca panen produk pertanian, dan pemasaran produk

Nofi Candra berharap beberapa komoditi yang telah memiliki nama (good branding), seperti Bareh Solok, hortikultura organik, dan ternak potong perlu terus diupayakan agar diangkat, sehingga Solok semakin dikenal yang pada gilirannya akan menjadi daya tarik wisata bagi para tamu yang berkunjung ke Daerah ini.

Selain sektor pertanian, Kab. Solok juga punya potensi wisata alam dengan memilki 5 danau yang dikelola pemerintah dan masyarakat Kabupaten Solok, yaitu Danau Diatas, Danau Dibawah, Danau Talang, Danau Singkarak dan Danau Tuo serta juga ada hamparan Kebun Teh pun menghiasi keindahan Alam yang memukau indahnya.

Dengan majunya beliau bersama Yulfadri di Pilkada Kabupaten Solok,  Ia mengajak masyarakat bersama untuk meningkatkan potensi pertanian dan pariwisata untuk Kabupaten Solok yang lebih baik dan maju

“Potensi Pertanian dan Pariwisata serta Sumber Daya Alam (SDA) yang masih menjadi Raksasa Tidur itu, adalah PR kita bersama jika masyarakat Kabupaten Solok memberi amanah kepada pasangan NC-Yulfadri nantinya. Jika masyarakat memilih dan memberi amanah kepada pasangan NC-Yulfadri memimpin Kabupaten Solok kedepan, Insya Allah sektor ini diupayakan menjadi sumber andalan ekonomi kerakyatan Kabupaten Solok kedepan,” Imbuhnya.(RC)

0 komentar:

Posting Komentar