Polling Pilkada Sumbar 2020

Rabu, 07 Oktober 2020

Pencegahan dan Penurunan Stunting 2020, Kampar Targetkan Jadi Yang Terbaik

Bangkinang Kota (  SP ) - Pemerintah Kabupaten Kampar bertekad untuk meraih juara I pencegahan dan penurunan stunting di Provinsi Riau tahun 2020. Untuk itu  Pemerintah Kabupaten Kampar berupaya keras mempersiapkan secara maksimal  penilaian kinerja aksi konvergensi pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi ditingkat Kabupaten/Kota tahun 2020, yang dilaksanakan secara daring pada 13-14 Oktober 2020 nanti.

Demikian terungkap dalam rapat konvergensi stunting persiapan penilaian kinerja Kabupaten Kampar yang  dibuka  oleh Kepala  Bappeda Kabupaten Kampar  Ir. H. Azwan, M.Si di Aula Bappeda Kabupaten Kampar, Rabu (7/10/20). Rapat ini diikuti oleh  14 OPD yang terkait dengan  kegiatan pencegahan dan penurunan stunting.

Target  ini tidak  muluk-muluk, karena   memang  Pemerintah Kabupaten Kampar  sudah berusaha maksimal untuk melakukan   aksi-aksi  pencegahan dan penurunan stunting. Pemerintah Kabupaten Kampar  optimis untuk meraih  juara I,  apalagi pada tahun 2019 lalu, Kabupaten Kampar  telah berhasil meraih juara I  pencegahan dan penurunan stunting  tingkat  Provinsi  Riau.

Kepala Bappeda  Kabupaten Kampar Azwan menyampaikan bahwa   pemerintah sangat berkomitmen untuk  pencegahan dan penurunan stunting ini. Buktinya   pemerintah  mendukung kegiatan  pencegahan dan penurunan stunting melalui dana  DAK (dana alokasi khusus). “Ini harus menjadi perhatian kita semua, dan menjadi motivasi bagi kita dalam mencegah dan mengurangi stunting khususnya di desa desa yang menjadi pilot projet”,” ujar Azwan.

Sementara itu Kabid Kesehatan Masyarakat  Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar  Afrida, S.ST, MKes saat memimpin rapat ini, menyampaikan bahwa ada delapan aksi konvergensi stunting. Delapan aksi tersebut yakni,  Analisa Situasi, Rencana Kegiatan, Rembuk Stunting,  Perbup Tentang Peran Desa, Pembinaan Kader Pembangunan Manusia, Sistem Manajemen  Data, Pengukuran dan Publikasi  Data Stunting,  Review  Kerja Tahunan.

Untuk  penilaian  ini dibutuhkan  data-data pendukung dari seluruh OPD. Dalam  rapat  tersebut seluruh OPD  terkait sepakat bahwa seluruh data yang dibutuhkan   akan terkumpul  paling lambat 9 Oktober 2020.  Data  itu akan dihimpun dan  dituangkan  dalam bentuk video dan power point sesuai  dengan kerangka acuan yang telah ditetapkan oleh Kementerian  Dalam Negeri. 


Selanjutnya power point dan video  itu akan disampaikan (dipaparkan) oleh Sekretaris  Daerah Kabupaten Kampar  pada acara  penilaian  kinerja  yang dilaksanakan pada  13 Oktober 2012 secara daring dari Balai Bupati Kampar. Seluruh OPD  terkait juga akan hadir mendampingi  Sekretaris Daerah pada acara penilain tersebut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Ontuo daus)

0 komentar:

Posting Komentar