Polling Pilkada Sumbar 2020

Sabtu, 21 November 2020

SSR TB-HIV Aisyiyah Padang Pariaman Inisiasi Pembentukan Komunitas Masyarakat Peduli TBC


Padang Pariaman, Sumatrapost --
Untuk meningkatkan peran serta kelompok masyarakat dalam penanggulangan penyakit Tuberkulosis (TB) di Padang Pariaman, SSR TB-HIV Asyiyah Padang Pariaman menginisiasi pembentukan Komunitas Masyarakat Peduli TBC di Kantor Nagari Ketaping, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Jumat (20/11). 

Kordinator SSR TB-HIV Aisyiyah Padang Pariaman, Dasril mengatakan kegiatan yang bertajuk "Mari Bersama Kita Berantas TBC" itu bertujuan untuk membantu masyarakat suspect TB di wilayah Kabupaten Padang Pariaman.

"Pembentukan Komunitas Masyarakat Peduli TB ini melibatkan unsur masyarakat dan pemerintah Nagari, sejauh ini sudah ada dua Nagari yang menyatakan kesiapannya, yaitu Nagari Ketaping dan Nagari Lubuk Alung, Insyaallah dalam waktu dekat kita juga akan lounching kegiatan di Lubuk Alung," kata Dasril.

Lebih lanjut, kata Dasril, dengan adanya komunitas ini diharapkan semua lapisan masyarakat peduli terhadap bahaya TBC, terutama di daerah-daerah yang rawan penularan penyakit ini.

"Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut, kami meminta kepada pemerintah Nagari Katapiang agar dapat memfasilitasinya" ucapnya. 

Selain memberikan pendampingan dan pengawasan terhadap penderita TB, sebagai perangsang atau stimulan, komunitas ini juga memberikan makanan tambahan dan membagikan masker pada masyarakat.

"Makanan tambahan kami berikan sebagai perangsang atau stimulan dari TB Care Aisyiyah Padang Pariaman,  yang bekerjasama dengan pemerintah Nagari Ketaping" lanjutnya. 

Langkah SSR TB-HIV Padang Pariaman itu disambut baik oleh pemerintah Nagari Ketaping. Puluhan masyarakat peduli TBC Nagari Ketaping hadir pada kegiatan tersebut. Serah terima makanan sehat dan masker secara simbolis dilakukan oleh Sekretaris Nagari Ketaping Syamsurizal.

Dalam sambutannya, Syamsurizal  mengucapkan terima kasih pada TB Care Aisyiyah Padang Pariaman atas partisipasi dan bantuan serta sumbangsihnya kepada masyarakat Nagari Kataping dalam upaya menuntaskan masalah TBC di Nagari Kataping.

"Mari kita bergandengan tangan, bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya TBC, kami juga berharap kerjasama dari pihak Puskesmas Ketaping" ucapnya.

Syamsul juga mengatakan, akibat minimnya pemahaman masyarakat terhadap bahaya TBC, tanpa disadari dapat menjadi penyebab semakin merebaknya penularan penyakit berbahaya ini di Nagari Ketaping. 

"Kami menyadari barangkali selama ini masyarakat kami kurang begitu paham akan bahaya TBC. Masih kurangnya kesadaran masyarakat, bisa jadi disebabkan oleh minimnya informasi dan sosialisasi tentang penyakit ini," katanya.

Setelah melakukan serah terima makanan tambahan dan masker, komunitas masyarakat peduli TBC langsung bergerak turun lapangan membagikan masker dan makanan tambahan itu kepada masyarakat Nagari Ketaping. Kegiatan itu juga dihadiri oleh Pimpinan Aisyiyah Batang Anai dan Padang Pariaman. (AKB).

0 komentar:

Posting Komentar