Polling Pilkada Sumbar 2020

Rabu, 16 Desember 2020

Bupati Kampar : Perangkat Daerah Harus Konsisten Dengan Kesepakatan Forum.


Bangkinang Kota ( SP ) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar  menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal (Ranwal) Rencana  Kerja  Pemerintah  Daerah (RKPD) Kabupaten Kampar untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar Tahun 2022, bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Kampar, Selasa (15/12/20). Pelaksanaan FKP ini selain dilaksanakan  dengan sistem offline (tatap muka langsung) juga  diikuti  peserta secara online (zoom meeting) .


FKP Ranwal  RKPD Tahun 2022 ini dibuka secara  resmi oleh  Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH. Hadir pada kesempatan tersebut Forkopimda Kabupaten Kampar, Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. H. Azwan, M.Si selaku Ketua Panitia, Wakil Ketua  DPRD Kabupaten Kampar Repol, S.Ag dan Anggota DPRD Kabupaten Kampar M. Ansar, S.Ag,  Staf Ahli Bupati Kampar, Asisten Setdakab Kampar, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor, Camat di lingkup Pemerintah Kabupaten Kampar, tim ahli selaku narasumber, swasta, pejabat dilingkup Bappeda Kabupaten Kampar serta  undangan lainnya.


Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH pada kesempatan tersebut mengingatkan kepada seluruh Perangkat Daerah untuk menyusun Rancangan Renja Perangkat Daerah dengan tetap mempedomani skala prioritas dan Rencana Strategis masing-masing Perangkat Daerah serta upaya pencapaian Target Pembangunan Kabupaten Kampar.  Disamping sumber pendanaan APBD Kabupaten Kampar, masih ada peluang untuk mendapatkan sumber pendanaan lainnya, baik dari APBD Propinsi, maupun APBN.  “Untuk itu saya minta peran aktif Kepala Perangkat Daerah untuk meraih peluang pendanaan dimaksud, sebagai mana yang telah kita lakukan bersama pada tahun 2020,” ujar Bupati.

Disampaikan  Bupati bahwa hasil pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2022 sangat erat hubungannya dengan R-APBD Kabupaten Kampar Tahun Anggaran 2022. “Untuk itu diminta kepada pejabat dan personil Perencanaan Perangkat Daerah tetap konsisten dengan kesepakatan forum ini guna mencapai tujuan pembangunan Kabupaten Kampar yang kita cita–citakan,” ingat Bupati.


Sementara  itu   Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. H. Azwan, M.Si selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa Tujuan penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2021 diantaranya menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2022 dengan menitikberatkan aspek teknokratis, Menghimpun aspirasi para pemangku  kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2022. 


Selanjutnya untuk memperoleh rumusan sementara prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2022 dan Mendapatkan rincian rancangan awal kerangka anggaran dan kerangka regulasi menurut Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 


Materi FKP Ranwal RKPD 2020 diantaranya, Ekspose Pokok-Pokok Pikiran DPRD Kabupaten Kampar,  oleh Ketua DPRD Kabupaten Kampar, Ekspose Arah dan Prioritas Pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2022 oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kampar, Ekspose Makro Ekonomi Kabupaten Kampar Tahun 2022 oleh Tim Ahli LPPM UNRI. Selanjutnya  Perumusan Rencana Prioritas Pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2022 dan Penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Prioritas Pembangunan Tahun 2022.


Keluaran atau hasil berupa kesepakatan tentang arah dan kebijakan pembangunan Tahun 2022, yang meliputi Rencana Program dan Kegiatan Prioritas Daerah, Berita Acara Kesepakatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2022. 


 Dengan manfaat sebagai acuan atau referensi dalam penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Tahun 2022 dan sebagai bahan masukan untuk Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Tahun 2021 untuk Penyusunan RKPD Tahun 2022.


Dengan nara Sumber diantarnya Tim Ahli LPPM UNRI Hendro Ekwarso, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar Repol SAg dan Anggoat DPRD Kabupaten Kampar  yang menyampaikan pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Kampar.


Disamping itu ada juga  arahan  dan masukan  dari Anggota DPR-RI H. Syahruil Aidi Maazat yang disampaikan secara online karena pada saat bersama ia sedang kunjungan kerja ke Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur.

Dan sesi diskusi adanya, saran  dan tanggapan serta pertanyaan dari peserta. (Ontuo daus)

0 komentar:

Posting Komentar