Polling Pilkada Sumbar 2020

Senin, 14 Desember 2020

Polres Kampar Gelar Rakor Eksternal Kesiapan Operasi Lilin Lancang Kuning 2020


KAMPAR(SP) - B
ertempat di Aula Sanika Satyawada Polres Kampar dilaksanakan Rapat Koordinasi Eksternal (Rakor) Operasi Lilin Lancang Kuning 2020, dalam rangka Pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di wilayah Kabupaten Kampar,Selasa (15/12/2020) mulai pukul 09.00 Wib.

Rakor Eksternal Operasi Lilin Lancang Kuning 2020 ini dipimpin langsung Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid SIK, didampingi Dandim 0313/ KPR Letkol Inf Leo Octavianus M. Sinaga S.Sos, M.I.Pol dan Kadis Kesehatan Kab. Kampar Dedi Sambudi M.Kes.

Rakor ini juga dihadiri Kadishub Kampar diwakili Dedi Azri, Kasatpol PP Kampar diwakili Hamdanis, Kadis PUPR Kampar diwakili Aladin Mukhtar, Perwakilan Kemenag Kampar sdr. Muhal Simanungkalit selaku Penyelenggara Kristen, Ketua Ormas Senkom Kampar Donal Bintara serta Pejabat Utama Polres Kampar dan seluruh Kapolsek Jajarannya.

Rakor dibuka secara resmi oleh Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid SIK, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rakor ini sebagai persiapan untuk pelaksanaan Operasi Lilin Lancang Kuning 2020, dalam rangka pengamanan Natal 2020 dan Perayaan Tahun Baru 2021.

Operasi Lilin Lancang Kuning 2020 akan digelar selama 15 hari mulai 21 Desember 2020 hingga 5 Januari 2021, selama Operasi akan didirikan 4 Pos Pam dengan lokasi di Jalan Lintas Riau - Sumbar Kec. XIII Koto Kampar, Lapangan Merdeka Kec. Bangkinang Kota, Simpang Petapahan Kec. Tapung dan Jalan Pasir Putih Desa Pandau Jaya Kec. Siak Hulu.

Sehubungan hal itu akan segera dipersiapkan pendirian Pos Pam serta kelengkapannya, termasuk personel gabungan dari berbagai instansi yang akan ditempatkan, antara lain Personel Polri, TNI, Dishub, Satpol PP dan Petugas Kesehatan.

Karena saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19 maka tidak ada kegiatan yang melibatkan berkumpulnya orang dalam jumlah besar, sedangkan untuk kegiatan ibadah dipersilahkan namun tetap menyesuaikan dengan aturan protokol kesehatan.

Selanjutnya Paparan Kasat Lantas Polres Kampar AKP Angga Wahyu Prihantoro SIK, yang menyampaikan Data Kesiapan Operasi Lilin Lancang Kuning 2020 Polres Kampar, meliputi Rencana Penempatan Personel, Data Tempat Ibadah / Gereja, Pola Pengamanan Natal, Survey situasi dan kondisi jalan, Data Daerah Rawan Laka, Rawan Longsor dan Rawan Banjir serta Rekomendasinya.

Berikutnya paparan Kasat Intel Polres Kampar AKP Achri Dwi Yunito SIK yang menyampaikan data kesiapan operasi, permasalahan menonjol, prediksi kerawanan dan rekomendasinya.

Dandim 0313/ KPR Letkol Inf Leo Octavianus M. Sinaga S.Sos, MI.Pol pada kesempatan ini menyampaikan arahan, agar dilakukan koordinasi dengan pengurus gereja yang akan menggelar ibadah atau perayaan natal secara terbatas, untuk mengatur jemaat supaya tidak terjadi kerumunan dan menyarankan jemaat tidak membawa tas serta penerapan protokol kesehatan.

Kadis Kesehatan Kabupaten Kampar Dedi Sambudi M.Kes pada kesempatan ini menyampaikan, bahwa Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar siap mendukung pelaksanaan Operasi Lilin Lancang Kuning 2020 dalam rangka Pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Dalam Rakor ini juga dilakukan Sesi Tanya Jawab untuk penyampaian usul saran dari Peserta Rakor, terkait pelaksanaan Operasi Lilin Lancang Kuning 2020 di wilayah Kabupaten Kampar yang ditanggapi langsung oleh Kapolres Kampar.

Kegiatan Rakor Eksternal ini berakhir sekira pukul 10.30 wib yang ditutup secara resmi oleh Kapolres Kampar, seluruh rangkaian acara berlangsung dengan aman dan lancar.(rc)

0 komentar:

Posting Komentar