Polling Pilkada Sumbar 2020

Minggu, 17 Januari 2021

Empat Orang Pemuda Sijunjung Spesialis Minta Uang di Jalan Rusak Diamankan Polsek Tanjung Gadang


Sijunjung (SP)
- Terkait adanya pengaduan masyarakat yang melapor ke Polda Sumbar melalui call center 110 tentang adanya giat kelompok pemuda meminta uang kepada sopir struk di jalan rusak di wilayah hukum polsek Tanjung Gadang

Aparat kepolisian Polsek Tanjung Gadang mengamankan empat orang pemuda di wilayah hukumnya yang melakukan pungutan liar (pungli) di lokasi jalan rusak di Jalan Lintas Sumatera Kecamatan Tanjung Gadang.

Patroli itu dipimpin langsung oleh Kapolsek Tanjung Gadang, AKP. Dasrul beserta anggota dan melibatkan Ketua Pemuda Nagari Tanjung Gadang, Minggu (17/1) malam sekitar pukul 21.00 WIB.

Kapolsek Tanjung Gadang, AKP. Dasrul menjelaskan pihaknya telah melaksanakan patroli diruas jalan lintas sumatera, mulai dari Jorong Sibisir, Nagari Timbulun, Jorong Kumbayak, Nagari Sinyamu, Jorong Guguk Nenas dan Jorong Pandam Nagari Tanjung Gadang serta Jorong Tanjung Medan dan Jorong Batang Dikek Nagari Tanjung Lolo Kecamatan Tanjung Gadang.

“Setelah memantau aktivitas para pemuda itu, kami mengamankan empat orang pemuda spesialis peminta-minta uang di setiap jalan rusak di sepanjang Jalan Lintas Sumatera, dengan barang bukti yang diamankan 1 buah senter dan uang dengan jumlah Rp 78.000,- ( tujuh puluh delapan ribu rupiah ),” ungkapnya.

Lebih lanjut sebut Kapolsek, keempat orang yang diamankan aparat itu berasal dari Jorong Pandam Nagari Tanjung Gadang dua orang dan Jorong Kumbayak Nagari Sinyamu dua orang.

“Dari hasil kesepakatan dengan para ninik mamak ke empat orang pemuda itu saat di Mapolsek Tanjung Gadang, ninik mamak tersebut menjamin apabila perbuatan itu terulang kembali berjanji akan menyerahkan ke Polsek Tanjung Gadang untuk proses hukum selanjutnya,” jelasnya.

Tidak hanya itu, perjinjian tersebut tertuang dalam surat pernyataan yang telah ditandatangani oleh yang bersangkutan beserta ninik mamak.

Kapolsek AKP Dasrul mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kamtibmas sebagai mitra masyarakat serta mengawasi terjadinya pungli.

“Saat ini sedang gencar memberantas saber pungli (sapu bersih pungutan liar). Untuk itu, diminta kerjasama masyarakat, mari kita bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang aman damai dan kondusif,” pungkasnya.(Dicko)

0 komentar:

Posting Komentar