Polling Pilkada Sumbar 2020

Hosting Unlimited Indonesia

Sabtu, 06 Februari 2021

ADV - DPRD Kampar Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi Kabupaten Kampar yang ke 71

● Detik Detik Sidang Paripurna Memperingati Hari Jadi Kabupaten Kampar yang ke 71

Bangkinang Kota(sp) - Bangkinang Kota : Kabupaten Kampar tepat berusia 71 tahun pada 2021 ini. Sebagai salah satu daerah pintu masuk ke provinsi Riau, Kabupaten Kampar punya peran penting dalam penggerak perekonomian di Riau.

Tepat pada pukul 10.00 wib bertempat di gedung DPRD Kampar Sidang Paripurna Istimewa dilakukan, dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Kampar yang ke 71.

Sidang dibuka oleh Ketua DPRD kabupaten Kampar Muhammad Faisal ST dan didampingi wakil ketua Repol SAg, Fahmil serta Toni Hidayat , Sabtu, 6/2/21.

Muhammad Faisal menyampaikan, bahwa peringatan hari jadi kabupaten Kampar ke 71 ini jadi pengingat dan penyemangat bagi masyarakat Kampar untuk terus bangkit menuju masyarakat yang berperan sebagai tuan rumah di negeri sendiri.


Diusia yang ke 71 ini Pemerintah Kabupaten Kampar memperingati hari jadi dengan mengusung Tema BASAMO MAMBOLO NAGOGHI. 

Saat mebacakan pidatonya Bupati kampar mengatakan " Tepat pada hari ini Kabupaten Kampar genap berusia  71 Tahun, Dalam Memperingati hari jadi kabupaten Kampar yang kita lakukan setahun sekali ini, tentunya mempunyai Makna yang cukup besar, bahwa kita tidak ingin melupakan sejarah , sesuai dengan tema" MARI BASAMO MAMBOLO NAGOGHI" dan ini Sangat Relevan, Karena Kabupaten Kampar adalah sebuah daerah yang terus berbenah dan bergerak maju, " Ungkap Bupati

Mengisi pembangunan dengan potensi SDM (Sumber Daya Manusia) yang berlatar belakang pendidikan, keahlian serta adat istiadat dan budaya yang selama ini dikenal bersandi syarak dan kitabullah.

"Majunya sebuah negeri sangat penting dari peran masyarakatnya sendiri yang bersama pemerintah, baik eksekutif dan legislatif saling bersinergi.

Usia 71 tahun bukanlah waktu yang singkat dalam mengisi pembangunan sebuah daerah. Dibutuhkan satu pandangan bersama, satu visi dan misi dan disampaikan kepada anak cucu kemenakan dari generasi ke generasi.


Hal ini secara budaya dan adat istiadat Kampar, telah dilakukan oleh Ninik mamak kepada anak kemenakan. Dari sinilah kita sangat menyadari bahwa sinkronisasi program pemerintah setiap periodenya sangat membutuhkan peran masyarakat, terutama yang menyandang gelar adat sebagai Ninik mamak," kata Faisal menyampaikan pandangan anggota DPRD Kampar dalam peringatan HUT Kabupaten Kampar yang ke 71 ini.

Sementara itu, Bupati Kampar H.Catur Sugeng Susanto SH yang hadir Bersama Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution serta Sekretaris Daerah Drs. Yusri M.Si dan Forkopimda sangat menyambut antusias sidang istimewa walaupun HUT Kabupaten Kampar yang dilakukan DPRD Kampar.

Perayaan HUT kabupaten kampar tahun ini tidak semeriah dari tahun tahun sebelum wabah Covid19, namun tetap berjalan dengan khidmat karena pada sidang paripurna kali ini hanya dihadiri terbatas oleh tokoh masyarakat tokoh adat dan anggota DPRD.

Tamu yang lainnya mengikuti secara Virtual diakibatkan adanya Pandemi Covid 19 yang mengharuskan untuk tetap Menerapkan protokol kesehatan.

Kata Catur, peringatan yang ke 71 ini Pemerintah Kabupaten Kampar memperingati hari jadi dengan mengusung Tema BASAMO MAMBOLO NAGOGHI.


Saat mebacakan pidatonya Bupati kampar mengatakan " Tepat pada hari ini Kabupaten Kampar genap berusia 71 Tahun, Dalam Memperingati hari jadi kabupaten Kampar yang kita lakukan setahun sekali ini, tentunya mempunyai Makna yang cukup besar, bahwa kita tidak ingin melupakan sejarah, sesuai dengan tema" MARI BASAMO MAMBOLO NAGOGHI" dan ini Sangat Relevan, Karena Kabupaten Kampar adalah sebuah daerah yang terus berbenah dan bergerak maju," ungkap Bupati.


Lebih lanjut Bupati Catur mengatakan hari jadi Kabupaten Kampar semestinya bukanlah semata mata peristiwa mengenang dan bergembira semata namun lebih dari itu peristiwa ini hendaklah dijadikan sebagai momentum Strategis untuk melakukan kilas balik terhadap pembangunan yang telah dilakukan.

"Kita akan terus bergerak memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat," tutup datuk rajo batuah tersebut.

Diakhir pidatonya bupati memaparkan makna dari tema HUT tahun ini bahwa Basamo Mambolo Nagoghi, merupakan kelanjutan dari tema Hari Jadi Kabupaten Kampar ke-70 Tahun lalu yakni Tali Bapilin Tigo Menuju Masyarakat Kampar Sejahtera.


"Dengan berkesinambungan tema tersebut dan kondisi geografis daerah kampar yang sangat luas, keberagaman masyarakatnya dan dengan adat istiadatnya, kedepan kita akan dihadapkan dengan tantangan pembangunan dan sosial kemasyarakatan yang tidak ringan, akan tetapi dengan terus berbenah dan saling berkontribusi tantangan tersebut dapat kita atasi dan kita lewati di bawah satu payung panji ”Dimana bumi dipijak disitu Langit di junjung," tutup Datuk Rajo Batuah. (  ADV- DPRD - Kampar  )

0 komentar:

Posting Komentar