Polling Pilkada Sumbar 2020

Hosting Unlimited Indonesia

Selasa, 02 Februari 2021

Keluarga Pasien Keluhkan Hampir 2 Bulan Obat Kosong Di RSUD Kotapinang, Ini Tanggapan Humas RSUD Kotapinang


Kota Pinang(SP)-
Kekosongan stok obat dirumah sakit dapat mempengaruhi mutu pelayanan yang diberikan. Menanggapi kekurangan obat, sistem kesehatan harus bertindak cepat untuk mengidentifikasi dan mendapatkan obat/produk alternatif. Hal ini dilakukan untuk menghindari gangguan dalam perawatan pasien dan memberikan terapi obat yang aman.

Dalam menjamin mutu pelayanan kefarmasian harus dilakukan pengendalian perbekalan farmasi yang bertanggung jawab. Menurut Permenkes no. 58 tahun 2014 bahwa pengendalian mutu kefarmasian meliputi kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap pelayanan yang diberikan. Kegiatan ini bertujuan menjamin kegiatan sesuai dengan rencana, salah satunya untuk mencegah terjadi kekosongan stok perbekalan farmasi pada saat dibutuhkan.

Kekosongan stok obat dirumah sakit dapat mempengaruhi mutu pelayanan yang diberikan. Menanggapi kekurangan obat, sistem kesehatan harus bertindak cepat untuk mengidentifikasi dan mendapatkan obat produk alternatif. Hal ini dilakukan untuk menghindari gangguan dalam perawatan pasien dan memberikan terapi obat yang aman.

Kekosongan obat di Rumah Sakit Umum Daerah Kotapinang malah menjadi beban tersendiri bagi pasien yang tergolong warga kurang mampu dari perdesaan. seperti yang dirasakan beberapa keluarga korban rawat jalan di RSUD Kotapinang.

Sebelumnya warga desa Tanjung Medan berinisial DYT (55)thn dan warga Langapayung berinisial DI (45)thn menyampaikan keluhan kepada awak media atas pelayanan rumah sakit umum daerah kotapinang yang dimana hampir 2 bulan ini tidak ada obat saat membeli di apotik RSUD Kotapinag.

Hak Mengeluhkan atas pelayanan Rumah Sakit yang tidak sesuai standar pelayanan melalui media cetak dan elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sudah tertuang di Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 69 Tahun 2014 Tentang Kewajiban Rumah Sakit Dan Kewajiban Pasien.

Kelangkaan obat tersebut diakui Humas RSUD Kotapinang dr Riduan Ritonga saat ditemui Aliansi Komunikasi Wartawan (ALKOWAR) Labusel rabu 27/01/2021. Menurutnya tidak semua jenis obat kosong, hanya obat tertentu saja yang kosong.

Humas RSUD Kotapinang juga mengatakan bahwa faktor yang mempengaruhi kekosongan obat di Instalasi Farmasi RSUD Kotapinang yaitu dana yang tersedia tidak mencukupi untuk melakukan perencanaan pengadaan obat dan  dimana pemesanan barang sudah melebihi dana yang tersedia dirumah sakit.

Kami juga akan mengajukan permohonan sistem perbelanja lewat perbup tidak mesti lewat e-katalog lagi, jadi masalah kekosongan obat seperti ini tidak akan terjadi lagi."pungkasnya.(Hendra  H.R.P)

0 komentar:

Posting Komentar