Polling Pilkada Sumbar 2020

Rabu, 31 Maret 2021

ADV - Ketua DPRD Kampar Sampaikan Pokir di Musrembang 2021

Advertorial DPRD KAMPAR======(31 Maret 2021)


BANGKINANG (SP) -
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kampar Tahun 2021, digelar Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan  Daerah)  Kabupaten Kampar, di Balai Bupati Kampar, Selasa (30/3/2021). 

Pada  kesempatan itu, Ketua DPRD Kampar, Muhammad Faisal ST yang hadir menyampaikan Pokok Pikiran (Pokir) dari DPRD Kampar. Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal ST dalam sambutannya menyampaikan, bahwa DPRD Kabupaten Kampar telah melakukan paripurna hasil reses dan telah memasukkan pokok pikiran alias pokir ke SIPD (Sistim Informasi Pemerintah Daerah), melalui Bappeda untuk segera realisasikan agar bisa bermanfaat buat masyarakat.

"Dalam penyusunan RKPD ini harus adanya partisipasitif, melibatkan elemen masyarakat. Karena arah dan tujuannya adalah kesejahteraan masyarakat," kata Ketua DPRD.

Dijelaskannya bahwa sustainable dalam menyusun harus ada perencanaan berkelanjutan dan berkesinambungan, contohnya bidang infrastruktur dan pertanian dalam masyarakat.

"Kholistik artinya penyusunan rencana ini menyeluruh. Semua OPD dapat menyusun RKPD sesuai dengan aturan dan merujuk pada RPJMD dapat berdasarkan Undang Undang," kata Faisal mengingatkan.


Bersumber dari datariau yang dirilis oleh sigapnews, Musrenbang tersebut dibuka oleh Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakab Kampar Drs Syamsul Bahri MSi. Pada kesempatan itu dilaunching juga aplikasi Satu Data Kabupaten Kampar.

Kegiatan Musrenbang ini dihadiri oleh peserta baik secara offline maupun online, diantaranya Bappenas RI yang diwakili Direktur Regional I, Uke M Hussein SSi MPP, Direktur Perencanaan Evaluasi dan Informasi Pemerintah Daerah Kemendagri RI Drs Nyoto Suwignyo MM.

Hadir juga Anggota DPR Republik Indonesia Syahrul Aidi Maazat Lc MA, Anggota DPD Republik Indonesia Edwin Pratama Putra SH, Kepala Bappeda Propinsi Riau, Anggota DPRD Propinsi Riau Daerah Pemilihan Kabupaten Kampar, Ketua DPRD Kabupaten Kampar Muhammad Faisal ST dan anggota DPRD Kabupaten Kampar.

Selanjutnya juga hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kampar, Perguruan Tinggi, Perangkat Daerah Kabupaten Kampar, BUMN dan Perusahaan Besar Swasta, para Camat se-Kabupaten Kampar, Delegasi Kecamatan, Pemuka Agama, Pemuka Adat dan Pemuka Masyarakat Kabupaten Kampar, Asosiasi yang berada di Kabupaten Kampar, dan Organisasi Kemasyarakatan yang berada di Kabupaten Kampar.

Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Azwan, selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan penyelenggaraan Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2021 adalah untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan Kabupaten Kampar dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah Provinsi Riau.


Kemudian mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah kabupaten pada musrenbang kecamatan. Seterusnya mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas kabupaten dan menyepakati program dan kegiatan prioritas daerah.

Pada rapat pleno musrenbang, diisi dengan ekspose Menteri PPN/Kepala Bappenas, ekspose Menteri Dalam Negeri, ekspose Kepala Bappeda Provinsi Riau tentang Rancangan RKPD Provinsi Riau Tahun 2022, ekspose Pokok-pokok Pikiran DPRD Kabupaten Kampar oleh Ketua DPRD Kabupaten Kampar, ekspose Kepala Bappeda Kabupaten Kampar tentang Kesepakatan Hasil Musrenbang RKPD di Kabupaten Kampar.

"Keluaran dari pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2021 adalah kesepakatan tentang arah dan kebijakan pembangunan yang menjadi masukan utama untuk memutakhirkan Rancangan RKPD tahun 2022, yang meliputi Berita Acara Kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2021 dan Rencana Program dan kegiatan prioritas daerah," terangnya.

Pada rapat pleno disampaikan materi Rancangan Arah Kebijakan Pembangunan Wilayah Tahun 2022 oleh Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas RI Ir Rudy Soeprihadi Prawiradinata MCRP PhD, diwakili Direktur Regional 1, Uke M Hussein SSi MPP.

Materi tentang Sinkronisasi Perencanaan Pusat dan Daerah oleh Direktur Perencanaan Evaluasi dan Informasi Pemerintah Daerah Kemendagri RI Drs Nyoto Suwignyo MM.

Sementara itu Anggota DPR RI Syahrul Aidi saat menyampaikan materi banyak mengupas tentang pembangunan infrastruktur untuk peningkatan ekonomi. "Kami akan berupaya semaksimal mungkin menjadi jembatan Pemda ke Kementerian sehingga program Kementerian bisa dibawa ke daerah," ujarnya.


Anggota DPD RI Edwin Pratama Putra menyampaikan program-program apa yang telah dilakukannya tahun sebelumnya, diantaranya membantu pelaku UMKM. "Kami dipusat akan selalu berusaha secara konsisten untuk membangun daerah ini," ujarnya.

Kemudian materi Arah Kebijakan Pembangunan Provinsi Riau tahun 2022 oleh Kabid Perekonomian dan SDA Bappedalitbamg Provinsi Riau. Ekspose pokok pokok pikiran DPRD Kabupaten Kampar oleh Muhammad Faisal ST.

Terakhir materi Arah kebijakan pembangunan Kabupaten Kampar Dalam rancangan RKPD tahun 2022 oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir Azwan MSi.


Pada saat diskusi yang dipandu kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir Azwan MSi, banyak saran dan pendapat yang disampaikan peserta untuk kemajuan Kabupaten Kampar kedepan.

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2021 dan Rencana Program dan kegiatan prioritas daerah.***(ADV)

0 komentar:

Posting Komentar