Polling Pilkada Sumbar 2020

Hosting Unlimited Indonesia

Senin, 21 Juni 2021

Mendagri Tito Karnavian Kukuhkan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Sebagai Wasekjend Apkasi


Sijunjung (SP) -
Masuknya Bupati Sijunjung Benny Dwifa kedalam dewan pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dengan jabatan wakil sekretaris jendral (Wasekjend) membawa angin segar sebagai langkah percepatan pembangunan daerah, khususnya bagi Kabupaten Sijunjung.

Pengukuhan itu berlangsung di Bali, pada Sabtu (19/6) dengan masa bakti 2021-2026. Dewan pengurus Apkasi dikukuhkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. 

Pada kegiatan itu Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan ditetapkan sebagai ketua umum Apkasi dan diikuti oleh sejumlah kepala daerah lainnya di Indonesia yang tergabung kedalam pengurus dan sebagai anggota.

Dewan pengurus Apkasi sendiri hanya terdiri dari beberapa kepala daerah saja, dipilih dalam musyawarah nasional. Di Provinsi Sumbar, hanya dua bupati yang masuk dalam dewan pengurus Apkasi 2021-2026 yang dilantik kemarin, yaitu Bupati Dharmasraya sebagai ketua umum dan Bupati Sijunjung sebagai Wasekjend.

Sedangkan seluruh kabupaten/kota secara otomatis tergabung kedalam keanggotaan Apkasi dengan jumlah 514 kabupaten/kota di Indonesia sebagai wadah pemerintah kabupaten.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa mengharapkan dengan terbentuknya Apkasi mampu membangun ekonomi daerah terutama di masa pandemi Covid-19. "Orientasi kita hanya satu yaitu percepatan pembangunan daerah secara menyeluruh. Terutama di saat pandemi ini, langkah strategis sangat dibutuhkan untuk perbaikan ekonomi," tuturnya.

Apkasi memiliki tugas-tugas penting yang bertujuan meningkatkan peran otonomi daerah di tingkat kabupaten berjalan baik. Berperan sebagai mitra strategis antara pemerintah pusat dengan pemerintah kabupaten. 

"Ini sebagai wadah bagi pemerintah kabupaten/kota secara nasional untuk membangun daerah. Begitu juga untuk Kabupaten Sijunjung, InsyaAllah dengan amanah yang diberikan kepada kita sebagai Wasekjend, ini bisa menjadi awal yang baik dalam hal komunikasi pembangunan dengan pemerintah pusat," tutur Benny Dwifa, Wasekjend Apkasi 2021-2026.

Apkasi sebagai penyedia advokasi, mediasi dan fasilitasi bagi pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat dan instansi lainnya sesuai hakikat otonomi daerah. 

"Disini kita menjadi wadah pembangunan bagi pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia. Daerah lain saja kita pikirkan, apalagi Sijunjung. Tentu saja kita mengharapkan program-program strategis dari pemerintah pusat untuk pembangunan daerah, Sijunjung khususnya," terang Benny.

Selain itu, Apkasi merupakan mitra kritis dan strategis pemerintah dalam penyusunan kebijakan nasional tentang pemerintah daerah. Sebagai fasilitator dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah kepada pemerintah pusat. Memfasilitasi kerjasama antar daerah dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan potensi ekonomi.

Kemudian, menjadi pendorong promosi potensi daerah untuk meningkatkan pencitraan daerah dalam rangka menghadapai persaingan regional dan global. Apkasi bermitra dengan pemerintah dalam rangka diseminasi dan sosialisasi berbagai peraturan dan perundang-undangan, serta kebijakan di bidang otonomi daerah. (Dicko/ndo)

0 komentar:

Posting Komentar