Polling Pilkada Sumbar 2020

Hosting Unlimited Indonesia

Minggu, 28 Juni 2020

Tingkatkan Kesiapan Penanganan Covid-19, Gubernur Jambi : Lakukan Uji Swab Mandiri Melalui Metode PCR

Jambi (SP) – Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, mengemukakan, guna lebih meningkatkan kesiapan dalam melakukan penanganan covid-19, Provinsi Jambi bersinergi untuk mengadakan uji SWAB mandiri melalui metode PCR. Hal tersebut dikemukakan Fachrori usai meninjau secara langsung kesiapan tempat uji swab mandiri di Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jambi, Kamis (25/06).

“Uji SWAB mandiri ini adalah tindak lanjut dari  penandatanganan Naskah Sinergitas Kerja antara Pemerintah Provinsi Jambi, Pemerintah Kota Jambi, Universitas Jambi, Balai Pengawas Obat dan Makanan Jambi dan Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Jambi pada tanggal 01 Juni 2020 di ruang kerja Gubernur Jambi, Kantor Gubernur Jambi,” ujar Fachrori.

“Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari Pemerintah Provinsi Jambi dalam rangka penanganan covid-19 di Provinsi Jambi. Sinergi ini menunjukkan semangat dan komitmen Provinsi Jambi untuk terus meningkatkan kesiapan dalam melakukan penanganan covid-19,” tambah Fachrori.

Fachrori menjelaskan, selama ini Provinsi Jambi selalu mengirimkan sampel ke Pusat dalam melakukan uji SWAB dan membutuhkan yang cukup lama untuk mengetahui hasilnya, dengan adanya uji SWAB mandiri ini yang akan dilakukan di laboratorium BPOM Provinsi Jambi tentu lebih mempercepat dalam pemeriksaan dan mengetahui hasilnya, tanpa perlu mengirim sampel ke Pusat dan menunggu hasilnya keluar.

“Jadi, mulai minggu depan kita sudah bisa melakukan uji SWAB mandiri di laboratorium BPOM Provinsi Jambi tanpa harus mengirimkan sampel ke pusat dan bisa lebih cepat mengetahui hasil dari uji SWAB tersebut tanpa menunggu hasil dari pusat. Laboratorium BPOM Provinsi Jambi sendiri juga telah mendapatkan register dari pusat sebagai laboratorium yang bisa melakukan tes untuk covid-19,”jelas Fachrori.

Lebih lanjut, Fachrori menambahkan, berdasarkan naskah sinergitas kerja, masing masing pihak memberikan kontribusi dalam uji SWAB mandiri melalui PCR ini, misalnya Pemerintah Provinsi Jambi berkontribusi dalam pembiayaan.(Humas Jambi)

0 comments:

Posting Komentar