Polling Pilkada Sumbar 2020

Hosting Unlimited Indonesia

Sabtu, 24 Oktober 2020

Bripka Muharmadi Gandeng Kelompok Tani Tingkatkan Ketahanan Pangan dimasa Pandemi Covid


KAMPAR KIRI HILIR (SP)-
Siang itu ditengah teriknya matahari, tampak salah seorang personel polisi berada di tengah-tengah para petani yang sedang mengurusi kebunnya, sesekali ia tak segan untuk bekerja sama dengan para petani mulai dari mencangkul,menanami bahkan membersihkan lahan para petani tersebut. Ia cukup akrab sekali dengan para petani tersebut. Canda dan tawa sesekali keluar dari dirinya bersama para petani.

Ternyata personel polisi tersebut adalah Bripka Muharmadi SH, yang bertugas di Polsek Kampar Kiri Hilir selaku Bhabinkamtibmas Desa Sei Simpang Dua kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar. Pria kelahiran Pekanbaru, 17 September 1985 ini, telah bertugas selama 3 tahun sebagai bhabinkamtibmas di Desa Sei Simpang Dua

Selain menjalankan amanah sebagai seorang Bhabinkamtibmas yang mempunyai fungsi Melaksanakan kunjungan / sambang kepada masyarakat untuk mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya bahkan memelihara hubungan silaturahmi/persaudaraan, Membimbing dan memberikan penyuluhan dibidang Hukum serta Kamtibmas untuk meningkatkan Kesadaran Hukum serta Kamtibmas dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM). Menyebarluaskan informasi tentang kebijakan Pimpinan Polri yang berkaitan dengan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas ), Mendorong pelaksanaan siskamling dalam pengamanan lingkungan serta kegiatan masyarakat.

Bripka Muharmadi SH, aktif mengajak dan membina masyarakat untuk menggelorakan program Jaga Kampung Polda Riau yang merupakan implementasi Program Kampung Tangguh Nusantara, serta untuk peningkatan ketahanan pangan dimasa Pandemi Covid-19.


Kepada www.sumatrapos.co.id Bripka Muharmadi SH mengatakan dalam upaya peningkatan ketahanan pangan ini, ia menggandeng 25 orang anggota Kelompok Tani Rukun Makmur di Desa Binaannya untuk memanfaatkan sejumlah lahan tidur di Desa Sei Simpang Dua dengan menanami sejumlah tanaman seperti : Jagung, Ubi, Kacang, pepaya dan sayur-sayuran

“ Kelompok tani binaan saya nggak banyak yang terdaftar hanya 25 orang namun banyak anggota keluarga para petani yang ikut serta. Kita berharap di masa pandemi ini ketahanan pangan dapat terjaga dengan kegiatan ini” katanya.

Lanjut Muharmadi untuk bibit dan pupuk diperoleh petani dari bantuan pemerintah dan para donatur yang berkunjung ke desa binaanya. Selain pertanian para masyarakat juga dibina untuk budidaya perikanan yaitu kolam ikan gurami yang dilaksanakan oleh swadaya masyarakat.

“ Kita tidak hanya pengembangan pertanian namun juga budidaya perikanan kolam yang dikelola melaui swadaya masyarakat” lanjutnya.


Ia berharap pemerintah dapat membantu para petani dalam pengembangan pertanian ini baik dari pembinaan, pengawasan maupun bantuan lainnya sehingga para petani dapat meningkatkan kualitas hasil pertaniannya dan tentunya dapat meningkatkan perekonomian para petani. “ kita berharap pemerintah melalui Pelaksana Lapangan (PL) dapat melakukan pembinaan kepada para petani, seperti memberikan pelatihan, pemilihan bibit unggul atau lainnya sehingga hasil panen para petani lebih memuaskan” harapnya.

Tidak hanya aktif dalam melakukan pembinaan Kelompok Tani Rukun Makmur dalam hal penanam hingga panen saja bahkan Muharmadi berusaha memfasilitasi para petani untuk memasarkan hasil panen sehingga para petani yang selama ini menjual secara pribadi mendapatkan wadah atau tempat memasarkan hasil panen tidak hanya didaerah itu saja bahkan hingga keluar kota.

“ Kita berupaya bagaimana hasil panen para petani lebih bernilai, maka kita coba pasarkan hinga keluar propinsi yaiu Batam dan kita juga berencana untuk membuat koperasi untuk para petani” ungkap Muharmadi

Kapolsek Kampar Kiri Hilir AKP Handono Sujaryanto SH, MH saat dikonfirmasi terkait kegiatan anggotanya ini menyampaikan, bahwa dia mengapresiasi apa yang telah dilakukan anggotanya ini terkait Program Jaga Kampung untuk peningkatan ketahanan pangan dimasa Pandemi Covid-19 ini.

“ Kita berharap program ini akan berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang tentunya juga akan berpengaruh dalam upaya pemeliharaan stabilitas Kamtibmas”, ungkap Handono.(Riky)

0 comments:

Posting Komentar