Polling Pilkada Sumbar 2020

Hosting Unlimited Indonesia

Senin, 08 Maret 2021

Kalapas Bangkinang Klarifikasi Pemberitaan Napi Bangkinang Miliki Ganja Kering


Bangkinang (SP)-
Terkait pemberitaan Napi Lapas Bangkinang Miliki Ganja Kering, Pelaku Diserahkan ke Satresnarkoba Polres Kampar yang diberitakan sebelumnya bersumber dari Polres Kampar.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Bangkinang, Sutarno memberikan klarifikasi atas pemberitaan tersebut. 

Kalapas mengatakan, kejadian sebenarnya adalah petugas Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Bangkinang malahan yang berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis daun ganja kering ke dalam Lapas Kelas IIA Bangkinang.

" Ganja tersebut diselundupkan melalui pengiriman paket dari keluarga napi, ganja dibungkus 17 paket kecil dalam kemasan teh Sariwangi dan 3 paket sedang dibungkus dalam kemasan makanan ringan Keripik Singkong Jimbaran" ungkap Sutarno

Lebih lanjut Kalapas Bangkinang mengungkapkan, ketika ada penggagalan penyelundupan tersebut memang ada jadwal pengiriman paket makanan dari keluarga narapidana. Namun, petugas menemukan barang kiriman dari salahsatu keluarga napi yang mencurigakan, Sabtu (6/3/2021) sekitar pukul 10.00 wib.

“Setelah dilakukan pengecekan, petugas menemukan paket yang diduga narkoba jenis ganja yang dibungkus dalam kemasan teh Sari Wangi sebanyak 17 paket kecil dan 3 paket sedang dalam kemasan makanan ringan Keripik Singkong Jimbaran Balado,” terang Sutarno kepada sumatrapos via WA Senin (8/3/2021).

Kalapas Kelas IIA Bangkinang menjelaskan dalam kasus itu ada dua orang napi yang diamankan dan keduanya sudah diserahkan dan dibawa pihak Polres Kampar beserta dengan paket barang bukti yang ditemukan tersebut.

“ Saat ini kedua napi tersebut serta barang bukti sudah kita serahkan ke Satresnarkoba Polres Kampar,” ujar Sutarno.

Terkait pemeriksaan, terang Kalapas Kelas IIA Bangkinang, ada dua mekanisme yang dilakukan dalam pemeriksaan pengiriman paket di Lapas Bangkinang, yakni posko drive thru dan X-Ray. Kemudian, pengiriman paket makanan itu para pengirim diwajibkan meninggalkan identitas resmi, guna memudahkan pihak kepolisian untuk melacak para pelaku.

“Semua pintu masuk betul-betul kita periksa secara detail dan ini bukti komitmen kami dalam memberantas peredaran narkoba di lapas Bangkinang,” tegas Sutarno.

Kalapas juga sudah mengintruksikan kepada para petugas agar tidak terlibat dalam peredaran narkoba maupun pungli.Setiap petugas sudah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU).

“Yang merupakan janji komitmen untuk memberantas peredaran narkoba dan Hp di Lapas Bangkinang,” pungkas Sutarno. 


0 comments:

Posting Komentar