Polling Pilkada Sumbar 2020

Hosting Unlimited Indonesia

Senin, 06 September 2021

Duet Menarik Pembarong Devil dan Penari Celeng di Kalangan SKB


Dumai(SP)
- Group Kesenian Jaranan Sapto Krido Budoyo (SKB) mendapat kehormatan tersendiri dengan kedatangan Tamu dari Komunitas Pemburu Jaranan Pekanbaru, pada saat mengisi acara di Jalan Bunga, Mampu Jaya, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai.

Kedatangan Tamu Satu Seni tersebut disambut ramah oleh Ketua Group Kesenian Jaranan SKB, Mbah Ngatino, Para Sesepuh Group Kesenian Jaranan SKB, Para Gambuh Group Kesenian Jaranan SKB, Para Penari dan Penggamel Group Jaranan SKB.

Tepuk tangan riuh Penonton spontan terdengar saat Penari Celeng dan Pembarong Devil berduet di Kalangan/Gelanggang Group Jaranan SKB pada hari Minggu, 05/09/2021. Para Penggamel/Pemain Alat Kesenian di Group Jaranan SKB yang memang sudah cekatan dalam memainkan Gamelan segera merubah versi Banyumasan menjadi versi Pegonan untuk mengiringi Atraksi tersebut.

Ketua Komunitas Pemburu Jaranan Pekanbaru, Wagimun, mengatakan bahwa mereka tertarik dengan Gendingan yang dimainkan oleh Penggamel Group Kesenian Jaranan SKB sampai selesai, semua memakai Not, tidak asal tabuh, tidak di cut atau separo jalan. Ditambah lagi dengan Personel Group yang ramah dan saling melindungi satu sama lainnya, ujarnya.

Ketua Group Kesenian Jaranan SKB, Mbah Ngatino, yang lebih akrab disapa Mbh Ngat, menyambut hangat apa yang disampaikan oleh Ketua Komunitas Pemburu Jaranan Pekanbaru dengan ucapan terimakasih yang sebesar besarnya dan sebagai sesama Seniman Kesenian Jaranan, sesama Pecinta Kesenian Jaranan, hendaklah kita saling menjaga dan saling berbagi Ilmu Pengetahuan untuk memajukan Kesenian Jaranan ini. Mari kita sama sama guyup rukun dalam tujuan melestarikan Budaya Bangsa Indonesia, sambutnya. (Red)

0 comments:

Posting Komentar