Polling Pilkada Sumbar 2020

Hosting Unlimited Indonesia

Rabu, 24 November 2021

Pembangunan Dam Parit Selesai, Bupati Sijunjung : Tidak Adalagi Alasan Petani, Sawah Kering Tidak Ada Air


Sijunjung(SP)
- Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir resmikan Dam Parit Kelompok Tani Sungai Bingin di Jorong Taratak Betung, Nagari Padang Laweh, Kecamatan Koto VII, Rabu (24/11). 

Peresmian itu, Bupati didampingi Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah, Kepala Dinas Pertanian, Ronaldi, Kepala Dinas Pangan Perikanan, Nizam Ul Muluk dan Camat Koto VII serta undangan lainnya. 

Bangunan air seperti dam parit sangat bermanfaat, meskipun sumber airnya kecil bisa ditampung dulu. Setelah terkumpul air bisa dialirkan ke sawah-sawah petani. 

Kesempatan tersebut, Bupati Benny Dwifa  mengakui sektor pertanian memang menjadi prioritas utama dibawah kepemimpinannya. 

“Kami bersama Wabup bertekad untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui bidang pertanian,” ujarnya. 

Untuk itu, Bupati berharap dengan adanya bantuan pembangunan Dam Parit, para petani bisa kembali untuk memproduksi hasil sawah-sawah yang sudah lama tidak dimanfaatkan. 

“Mohon dijaga dan dirawat dengan baik Dam ini. Tidak adalagi alasan para petani air sawah tidak ada, kalau bisa hasil sawah itu diproduksi 3 kali dalam setahun,” harapnya. 

Jika hasil produksi pertanian meningkat, Kata Benny, tentu itu sejalan dengan kesejahteraan masyarakat khususnya para petani. 

“Sijunjung memang kaya dengan potensi pertanian. Kalau sawah ini dimanfaatkan dengan baik, masyarakat khususnya di Ranah Lansek Manih tidak perlu membeli beras lagi,” ungkapnya. 

Kemudian, Bupati muda itu mengajak seluruh masyarakat untuk mensukseskan kegiatan Vaksinasi Covid-19. “Mari kita ikuti vaksinasi ini, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehingga kerabat dan keluarga kita terbebas dari virus corona ini,” katanya. 

Sementara, Wali Nagari Padang Laweh, Jouharuddin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah kabupaten sijunjung. 

“Terima kasih telah memberikan bantuan pembangunan Dam Parit ini, mudah-mudahan masyarakat kita yang selama ini yang terkendala dengan aliran air sudah bisa kembali untuk memanfaatkan sawah mereka,” ungkapnya. 

Menurutnya, selama ini, parit atau anak sungai yang melintas di sawah petani sering alami kekeringan, apalagi dimusim kemarau. 

“Jadi dengan adanya Dam Parit ini bisa untuk menampung air untuk dialiri ke sawah-sawah petani,” ujarnya. 

Ia mengaku Dam parit itu sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat di Jorong Taratak Betung Nagari Padang Laweh. “Alhamdulillah itu semua sudah terpenuhi, meskipun sumber airnya kecil bisa ditampung dulu. Kemudian, setelah terkumpul air bisa dialirkan ke sawah-sawah petani. Sehingga petani bisa menambah pertanaman dalam setahun, dari satu kali menjadi dua kali,” pungkasnya. (Dicko).

0 comments:

Posting Komentar