Polling Pilkada Sumbar 2020

Hosting Unlimited Indonesia

Selasa, 02 November 2021

Sekda Sijunjung Tinjau Sejumlah Titik Lokasi Luapan Sungai Sibakur


Sijunjung (SP) -
Setelah Penyerahan Kartu Keluarga Sejahtera, Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Zefnihan melakukan peninjauan sejumlah titik lokasi terdampak luapan air sungai di Nagari Sibakur dan Langki Kecamatan Tanjung Gadang, Selasa (2/11).

Peninjauan itu, Sekda didampingi oleh Kepala BPBD, Henry Chaniago, Kadis Sosial Yofritas, Sekretaris Dinas PUPR Sarwo Edi, Kabag Protokoler Aprizal Can dan Kabag Umum Mulyadi, Camat Tanjung Gadang, Emil Evan serta Wali Nagari Sibakur dan Wali Nagari Langki.

Adapun infrastruktur yang rusak akibat luapan air tersebut seperti jalan, jembatan dan pasar Nagari Sibakur.

"Untuk menentukan tindakan apa yaang akan dilakukan, kita ditugaskan Bupati untuk melihat langsung kondisi dilapangan, sebab ada beberapa titik yang rusak sehingga akses masyarakat terdampak," kata Sekretaris Daerah, Zefnihan kepada MC Sijunjung.

Dikatakan Sekda, tujuan turun kelapangan tersebut guna membahas bagaimana teknis proses pembangunan infrastruktur yang rusak itu.

"Hari ini kita bersama dinas terkait, tolong kepala BPBD dan Dinas PUPR untuk segera mengerjakan proses perbaikan ini. Kita usahakan ini harus cepat dilaksanakan karena menyangkut akses masyarakat banyak. Jangan terlalu lambat pengurusan administrasinya," tegasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap terjadinya bencana alam, mengingat kondisi cuaca dengan curah hujan yang tinggi. "Tetap waspada dan saling membantu dengan sesama, jika ada kejadian bencana silahkan masyarakat menghubungi BPBD," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Sijunjung, Henry Chaniago mengatakan bahwa kejadian luapan air sungai terjadi pada Minggu (31/10) kemarin. Luapan sungai Batang Sibakur menggenangi rumah warga dan pasar Nagari Sibakur setinggi 1 meter. Selain itu, jembatan menuju pasar Nagari Langki mengalami rusak dan tidak bisa dilewati akibat dihantam banjir.

"Personel BPBD Sijunjung bersama masyarakat telah melakukan pembersihan lumpur dan material banjir di kawasan perumahan warga dan infrastruktur lainnya. Sekarang dilakukan peninjauan akses yang terdampak untuk proses pembangunannya," pungkasnya.(Dicko)

0 comments:

Posting Komentar