Polling Pilkada Sumbar 2020

Hosting Unlimited Indonesia

Rabu, 05 Januari 2022

Festival Maura Takus, Bangkitkan Kecintaan Terhadap Budaya Tradisional


XIII Koto Kampar,otdariau.com -  
Untuk meningkatkan kecintaan dan Kepedulian terhadap seni dan budaya Kampar berbagai pergelaran telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kampar, Kabupaten Kampar yang merupakan salah satu negeri yang sangat kaya akan khazanah budaya dan seni bahkan telah diakui oleh dunia Sebagai kekayaan sejarah tak benda. 

Atas kerinduan dan keinginan masyarakat sudah rindu dan risau akan hilangnya seni budaya lokal yang dilakukan secara menurun terhadap budaya daerah, maka dari itu dilaksanakan sebuah festival seni dan budaya untuk meningkatkan kepedulian masayarakat terhadap budaya tradisional sehingga menimbulkan kecintaan masyarakat akan adat, budaya yang masih erat di pegang oleh masyaarakat. 

Demikan disampaikan oleh Camat XIII Koto Kampar Zulfikar, S.Ag saat membuka pergelaran festival seni dan budaya Desa Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar beberapa waktu lalu, melalui pesan whatsup hari ini, Rabu, (4/1/2022). 

Dikatakan Zulfikar, dengan adanya kegiatan ini, masyarakat terlihat antusias dan sangat menikmati saat pergelaran festival ini berlangsung dan dapat melakukan kembali budaya budaya lama yang sudah jarang dilakukan. 

Dalam  festival seni dan budaya ini diharapkan masyarakat dapat untuk kembali melestarikan berbagai budaya daerah sehingga nantinya dapat di manfaatkan untuk berbagai kepentingan masyarakat seperti kegiatan pariwisata, sosial dan budaya."harap Zulfikar 

Kemudian Zulfikar juga sampaikan, berbabagai penampilan dan permainan yang dilakukan oleh masyarakat dalam festival seni dan budaya muara takus seperti dikiu gubano, silat persembahan, oguong calempong, pacu sabut kelapa, pacu sendok, pacu goni dan tari piring. ( ontuo daus  ).

0 comments:

Posting Komentar