Polling Pilkada Sumbar 2020

Hosting Unlimited Indonesia

Jumat, 21 Januari 2022

Korban Hanyut di Hulu Sungai Kampar Desa Gunung Malelo, Ditemukan Setelah 4 Hari Pencarian


KOTO KAMPAR HULU(SP)-
Seorang warga Desa Gunung Malelo Kecamatan Koto Kampar Hulu, yang hanyut terseret arus saat berenang menyeberangi sungai Kampar pada Selasa sore (18/01/2021) lalu, akhirnya ditemukan oleh Tim SAR Gabungan bersama warga masyarakat.

Korban bernama Makmur (43) warga Desa Gunung Malelo ini, ditemukan jasadnya pada Jumat pagi (21/01/2022) sekira pukul 07.25 wib, di wilayah hulu Sungai Kampar di Desa Gunung Malelo tepatnya di Muara Pialan Gunung malelo.

Berdasarkan keterangan dari Kapolsek XIII Koto Kampar AKP Sudiyanto SH, jasad korban pertama kali ditemukan oleh saksi sdr. M. Johan, pada Jumat (21/01/2022) sekira pukul 07.25 wib. Saat itu M. Johan hendak menyebrang dengan menggunakan sampan bermesin hendak pergi memanen ke kebun sawitnya yang berada di seberang sungai tersebut.

Tiba-tiba saksi ini melihat ada  sesuatu benda yang berwarna Hitam dan terapung lalu mereka mendekati ke benda tersebut, sesampainya disana benda yang hitam dan yang terapung tadi adalah jasad manusia atau korban yang hanyut dari tanggal (18/01/2022) lalu. Setelah mereka pastikan itu adalah betul korban yang dicari, jasad itupun lalu ditarik ke tepi sungai.

Sesampainya ditepi sungai, masyarakat sudah banyak menunggu namun mereka tidak berani untuk mengangkat atau mengevakuasi. Kebetulan saat itu tim Basarnas yang melakukan pencarian melewati daerah tersebut lalu diberitahu oleh warga perihal penemuan korban tersebut.

Kemudian dari Tim Basarnas tersebut, langsung menyelamatkan korban yang hanyut dan tenggelam ke dalam boat mereka dengan memasukkan terlebih dahulu Jenazah ke dalam kantong mayat. 

Setelah jenazah diselamatkan, lalu tim dan para saksi saksi yang menemukan tersebut, langsung menuju ke tempat Pelaksanaan pemandian Jenazah dilakukan di tepian sungai kampar tersebut bersama masyarakat yang sudah menunggu di tepian sungai tersebut. 

Setelah sampai di tepian tersebut, masyarakat berbondong bondong mengangkat dan segera melaksanakan pemandian terhadap jenazah korban yang hanyut dan tenggelam tersebut, adapun yang ikut melaksanakan pemandian jenazah adalah, ninik mamak desa Gunung Malelo (Datuk Zamasari datuk satu) dan tokoh masyarakat setempat.

Setelah dilaksanakan pemandian ,lalu dilanjutkan dengan menshalatkannya di tepian sungai tersebut dengan Tenda Yang sudah di dirikan oleh masyarakat. Setelah proses itu semua, Korban kemudian diantar ke rumah duka di Dusun IV Pilar Gunung Malelo kec. Koto Kampar Hulu untuk selanjutnya dikebumikan.(RC)

0 comments:

Posting Komentar