Polling Pilkada Sumbar 2020

Hosting Unlimited Indonesia

Minggu, 23 Januari 2022

Penobatan Soko di Tigo Korong Disaksikan Bupati Sijunjung


Sijunjung(SP)
- Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir menyaksikan Penobatan Soko di Tigo Korong dan Tigo Suku di Rumah Gadang Datuak Pangulu Nan Sati, di Jorong Pantai Cermin, Nagari Palangki, Kecamatan IV Nagari, Minggu (23/1/22).

Dalam sambutannya, Bupati Benny Dwifa mengapresiasi atas acara Penobatan Soko di Tigo Korong dan Tigo Suku Nagari Palangki. 

"Dengan pengukuhan Ninik Mamak di Nagari Palangki membuktikan Kabupaten Sijunjung itu benar kaya dengan Adat Istiadatnya,” ujarnya.

Dijelaskan Bupati, gelar yang telah diberikan itu merupakan sebuah bentuk kepercayaan di kaum dan di hormati serta mampu memberikan teladan dan bisa menyelesaikan masalah yang di hadapi kaum tersebut.

“Budaya-budaya seperti ini harus kita lestarikan kedepannya, sehingga memang terbukti adat itu masih kental di Ranah Lansek Manih,” harapnya. 

Kemudian Benny mengajak seluruh lapisan masyarakat dan niniak mamak untuk berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah. 

“Pemerintah itu tidak terlepas dari masyarakat. Sebab itu, mari kita jalin sinergitas dan saling berkolaborasi dalam membangun kabupaten sijunjung, sehingga bisa terwujud masyarakat yang madani,” tukasnya. 

Sementara, Wali Nagari Palangki, Jasman mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sijunjung yang telah hadir dalam acara Penobatan Soko di rumah Gadang Datuak Pangulu Nan Sati.

“Penobatan soko ini salah satu adat dirumah gadang pasukuan, semakin banyak pemangku adat maka akan lebih memudahkan untuk membimbing anak kamanakan,” ujarnya. 

Ia berharap setelah niniak mamak tersebut dilantik agara dapat melaksanakan tugas dan fungsi serta perannya masing-masing. 

"Ada 56 Niniak Mamak yang ada di Nagari Palangki ini, tentu 56 pula rumah gadangnya, dan ada beberapa rumah gadang yang perlu di renovasi. Mudah-mudahan ada bantuan dari Anggota DPRD kita dan para perantau untuk membantu perbaikan rumah gadang ini,” harapnya. 

Kegiatan penobatan Soko itu di lantik oleh urang tuo nan baposoko, A. Dt. Mogek Kenamaan. 

Adapun nama pemangku adat yang dinobatkan di tigo Korong dan Tigo Suku, antara lain : 

1. Alkindi gelar Baginda Ali Jabatan Monti Suku Kalumpang

2. Ahmad Purnama Putra gelar Monti Panghulu Jabatan Monti Suku Gontiang

3. Karlos gelar Rajo Bukik Jabatan Dubalang Suku Kalumpang

4. Joni Azwir gelar Rajo Malenggang Jabatan Dubalang Suku Piliang

5. Yondes Eka Putra gelar Dt. Bagindo Marajo Jabatan Urang Tuo Suku Gontiang

6. Afriandi Ade gelar Dt. Bandaro Hitam Jabatan Urang Tuo Tapian Nan Baradat.

Hadir kesempatan itu, Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, Kepala OPD, Camat IV Nagari beserta unsur Forkopimcam, Wali Nagari, Ketua KAN, Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat, dan para undangan lainnya. (Dicko)

0 comments:

Posting Komentar