Polling Pilkada Sumbar 2020

Hosting Unlimited Indonesia

Selasa, 22 Februari 2022

Musrenbangcam Wilayah Dapil Tapung, Bupati Kampar : Pertemuan Strategis dalam Pembangunan.


Tapung,  (  sp  ) 
 -   Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH MH didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri M.Si hadiri Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) Kecamatan Tapung,Tapung hilir, Tapung hulu Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) TA. 2022 di halaman Kantor Kecamatan Tapung. Selasa, 22/2/22 

Bupat Kampar dalam arahannya menyampaikan proses penyempurnaan rencana pembangunan daerah tahun 2023 dilaksanakan secara terkoordinasi antara perangkat daerah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan sesuai dengan dokumen perencanaan pembangunan daerah melalui mekanisme pelaksanan Musrenbang mulai dari tingkat desa/kelurahan, Kecamatan sampai dengan tingkat Kabupaten dan Mekanisme ini harus kita pahami. 

“Penjaringan aspirasi yang diharapkan nantinya bisa dapat usulan rencana program dan kegiatan pembangunan yang dituangkan dalam rencana kerja Pemerintah daerah atau RKPD dan menjadi dasar penyusunan kebijakan umum APBD prioritas dan plafon anggaran sementara serta rancangan APBD tahun anggaran 2023.”ujar Catur 

Bupati Kampar juga menjelaskan apa yang harus didiskusikan hari ini akan menjadi acuan dan finalnya akan menjadi APBD tahun 2023. Salah satu proses pengambilan keputusan dengan pendekatan partisipatif dalam kebijakan daerah adalah melaksanakan Musrenbang di Kecamatan yang merupakan arena strategis untuk para pemangku kepentingan dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan seluruh pelaku pembangunan yakni pemerintah Kabupaten, DPRD, masyarakat dan pihak swasta. 

“Kita melakukan pertemuan hari ini merupakan pertemuan strategis dengan tujuan yang pertama membahas dan menyepakati usulan perencanaan pembangunan Desa yang menjadi kegiatan prioritas di Kecamatan.”ucap Catur 

Selanjutnya kata Bupati Kampar lagi, melakukan klasifikasi atas prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah Kabupaten Kampar agar tercapainya singkronisasi perencanaan pembangunan yang di mulai dari tingkat bawah atau bottom up planning atau perencanaan yang berdasarkan dari tingkat atas diharapkan kepala seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar mencermati setiap usulan yang disampaikan. 

“Kepada saudara Camat agar mempersiapkan berita acara yang disampaikan hasil pelaksanaan Musrenbang yang dilampirkan dengan notulen rapat untuk sepakati dan disetujui secara bersama-sama.”ujar Catur 

Bupati Kampar juga mengatakan bahwa pada bulan Mei Tahun ini masa kepemimpinanbya berakhir, oleh sebab itu Menteri Dalam Negeri mengeluarkan instruksi no 70 tahun 2021 tentang penyusunan rencana pembangunan daerah bagi daerah yang masa kepemimpinannya berakhir pada tahun 2022. 

“Jadi semua sudah di atur, walaupun jabatan Bupati berakhir pada bulan Mei namun sudah ada aturan nya dari tahun 2023 sampai 2026.”kata Catur 

Berkenaan dengan hal tersebut, lanjut Bupati Kampar Pemerintah Kabupaten Kampar sedang melakukan penyusunan rencana pembangunan daerah RPJD tahun 2023-2026 dan diikuti dengan penyusunan rencana strategis perangkat daerah atau Renstra perangkat daerah 2023-2026 yang akan ditetapkan pada bulan Maret tahun 2022 melalui Peraturan Kepala Daerah yang akan menjadi pedoman yang menjadi pedoman penyusunan RKPD Kabupaten Kampar tahun 2023. 

Dalam rancangan awal penyusunan RKPD Tahun 2023 tema pembangunan tahun 2022-2023 adalah mewujudkan pembangunan berkelanjutan untuk mempercepat kualitas kehidupan sosial masyarakat, penguatan struktur perekonomian dan daya saing daerah dalam kondisi kehidupan normal yang baru, hal ini karena kita masih dalam kondisi Pandemi Covid 19.lanjut Bupati Kampar 

“Tentu ini akan meliputi beberapa prioritas, yang pertama meningkatkan kualitas pendidikan, dan kesehatan serta kesejahteraan sosial, kemudian meningkatkan tata kelola pemerintahan yang bersih serta pelayanan publik berkualitas berbasis teknologi informasi, mengembangkan pertanian berbasis potensi daerah, meningkatkan perekonomian daerah, parawisata dan pengelolaan industri dan yang terakhir meningkatkan lingkungan hidup dan ketersedia infrastruktur.’ungkap Catur. 

“Jadi Bapak/Ibu anggota DPRD dan Camat tahu akan arah pembangunan tahun 2023, dan aparatur juga harus visi misi Kabupaten Kampar agar tahu arah kebijakan yang akan dilakukan.’ucap Catur lagi. 

Dalam mewujudkan visi misi Kabupaten Kampar, Bupati Kampar memaparkan capaian-capain yang sudah diraih Kabupaten Kampar. 

Sebelumnya Anggota DPRD Kabupaten Kampar Dapil Tapung, Tapung Hulu dan Tapung Hilir diwakili oleh Sunardi DS memaparkan bahwa tidak mudah menyusun perencanaan pembangunan disaat kondisi keuangan tidak stabil, apa yang kita ingin tentu banyak sekali tapi untuk mengimplementasikan menyangkut anggaran. 

“Pandemi ini juga mengajarkan kita agar bisa mengefisienkan keuangan yang ada sesuai dengan perencanaan yang prioritas yang ingin kita wujudkan, untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kampar dan Sekretaris Daerah selaku TAPD yang melakukan efisiensi keuangan dan melaksanakan pembangunan walaupun kondisi keuangan yang sangat minim di wilayah Tapung Raya ini.’ucap Sunardi 

Sunardi meminta agar persoalan tapal batas yang belum selesai sampai saat ini antara di wilayah Tapung Hilir. Koto Garo dengan Kabupaten Siak, begitu juga dengan pelayanan kesehatan dan pembangunan jalan menuju 5 desa. 

Pada acara tersebut para Camat se Tapung Raya menyampaikan usulan pembangunan di wilayah masing-masing dan dilanjutkan dengan dialog bersama para Kades. 

Acara diakhiri dengan penandatanganan hasil kesepakatan Musrenbang yang dilaksanakan bersama Camat, Kades, dan anggota DPRD yang hadir. 

Disela-sela acara Bupati Kampar dan Sekda Kampar sempat meninjau Bazar hasil kerajinan dari ibu PKK dan masyarakat. ( ontuo daus )

0 comments:

Posting Komentar