Polling Pilkada Sumbar 2020

Hosting Unlimited Indonesia

Rabu, 30 Maret 2022

Kukuhkan Komisi Irigasi, Wakil Bupati Sijunjung: Semoga Sistem Irigasi Semakin Meningkat


Sijunjung(SP) -
Guna sebagai wadah koordinasi bagi seluruh pemangku kepentingan yang bergerak di bidang keirigasian agar tercapai kesatuan pandangan dalam pengelolaan irigasi, Wakil Bupati Iraddatillah kukuhkan Komisi Irigasi Kabupaten Sijunjung periode 2022-2024 di Hotel Grand Rocky Padang, Selama (29/3/22) malam. 

Dalam sambutannya, Wabup Iraddatillah mengucapkan selamat kepada Komisi Irigasi Sijunjung yang baru saja dikukuhkan. 

“Dengan dikukuhkannya Komisi Irigasi Kabupaten Sijunjung periode 2022-2024, maka koordinasi dengan semua pihak yang terlibat dapat terjalin dengan baik,” ujarnya. 

Wabup juga berharap dengan adanya Komisi Irigasi dapat mengatasi permasalahan yang terjadi dengan memperdayakan para petani-petani sehingga kesinambungan produksi pangan di Ranah Lansek Manih dapat meningkat.

“Keimigrasian ini merupakan isu pangan yang sangat penting, karena kebutuhan dasar utama bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat,” terangnya. 

Untuk mewujudkan hal itu, sebut Wabup, maka perlu dibentuk Komisi Imigrasi sebagai wadah koordinasi bagi seluruh pemangku kepentingan yang bergerak di bidang keirigasian. 

Sebelumnya, Plt. Kepala Bapppeda Sijunjung, Yuni Elviza menjelaskan maksud dari pembentukan Komisi Irigasi itu guna mewujudkan tertib pengelolaan irigasi yang telah dibangun oleh Pemerintah Daerah. 

“Sedangkan tujuannya untuk memberikan wadah koordinasi dan komunikasi dalam pengelolaan irigasi antara unsur pemerintah dan unsur non pemerintah,” ungkapnya. 

Dikatakannya, salah satu tugas pokok dan fungsi komisi Irigasi yaitu merumuskan untuk kebijakan mempertahankan dan meningkatkan kondisi dan fungsi irigasi, serta merumuskan rencana tahunan penyediaan, pembagian dan pemberian air irigasi

“Mudah-mudahan pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi di Sijunjung dapat semakin meningkat dan pada akhirnya dapat mendukung terwujudnya ketersediaan dan kedaulatan pangan yang berkelanjutan di Kabupaten Sijunjung,” pungkasnya. 

Adapun Komisi Irigasi Kabupaten Sijunjung periode 2022-2024 yang dikukuhkan Wabup Iraddatillah, sebagai Ketua adalah Kepala Bapppeda, Ketua Harian Kepala Dinas PUPR, Wakil Ketua Harian Kepala Dinas Pertanian, Sekretaris I Kepala Bidang PSDA Dinas PUPR, Sekretaris II Kepala Bidang Orasarana dan Sarana Dinas Pertanian. 

Kemudian, anggota terdiri dari perwakilan Instansi Pemerintah, Pimpinan PDAM, Lembaga Perguruan Tinggi, Unsur Masyarakat diantaranya Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dan perwakilan Kelompok Tani masing-masing Kecamatan serta Unsur Kelompok Wanita Tani (KWT) dengan jumlah 38 orang. (Dicko)

0 comments:

Posting Komentar