Polling Pilkada Sumbar 2020

Hosting Unlimited Indonesia

Selasa, 12 April 2022

Perluang PAD PI 10 Persen Migas Mahato, Bupati Kampar MoU dengan Pemprov Riau


Kampar-  (  sp  )-
Sebentar lagi Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar diproyeksi akan memiliki Penghasilan Asli Daerah (PAD) Participating Interest (PI) sebesar 10 persen, dari Pemerintah Provinsi Riau melalui kerjasama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Riau di Wilayah Migas Mahatao yang ada di Kampar. 

Kerjasama yang ditandatangani Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto,SH,MH tersebut dilaksanakan usai Lounching Aplikasi Kampar.Lapor.go.id di Universitas Pahlawan di Bangkinang yang disaksikan oleh Kepala Dinas ESDM Provinsi Riau yang diwakili kepala Bidang Energi dan Energi Baru Terbarukan  Baharufahmi, ST, MT, selasa (12/4/2022). 

Usai menandatangani MoU, Catur Sugeng  menyampaikan apresiasi dan dukungan atas kerjasama tersebut. Syukur Allhamdullilah berkat dorongan Gubernur Riau Drs Syamsuar,M.Si. Kedepan insyaallah Kampar khususunya Desa Petapahan Kecamatan Tapung akan didirikan sebuah BUMD yang dikelola melalui BUMD Riau PT. Riau Petroleum kerjasama BUMD Kampar PT. Bumi Kampar Sarana Energi (perseroda). 

Untuk diketahui, BUMD ini nantinya akan bergerak dalam produksi Minyak Bumi Blok Migas Mahato yang dikelola PT. Riau Petroleum Mahato yang merupakan anak dari Perusahaan Riau BUMD PT Petroleum  tersebut yang kemungkinan jaringannya melewati fasilitas jalan Umum. 

Dengan adanya BUMD yang bergerak dibilang Migas ini, kita berharap agar peluang ini bisa terwujud nantinya, selain keuntungan bagi daerah juga pekerja. Maka diminta kepada seluruh elemen terkait dalam kelancara rencana ini agar dapat memberikan kontribusi apa yang diperlukan."pinta Catur". 

Sementara itu Kepala Dinas ESDM Provinsi Riau melalui kepala Bidang Energi dan Energi Baru Terbarukan  Baharufahmi, ST, MT Menjelaskan bahwa adanya PI 10% ini nantinya apabila semakin tinggi produksi yang kita tingkatkan tentu akan lebih besar PAD yang kita terima. 

Dimana PT. Riau Petroleum Mahato sebagai anak perusahaan PT. Riau Petroleum atas kepemilihan saham sebesar 50% dan perolehan atau anak perusahaan PI 10%,  dan,m 50% lagi dimiliki BUMD Pemda Kampar atas PT. Bumi Kampar Sarana Energi dengan PI juga 10%. 

Sebagai tindak lanjut hak ini, Dinas ESDM Riau bersama Pemrov Riau akan sambil mengumpulkan dokumen yang diperlukan akan menyampaikan ini ke SKK Migas untuk dikelolah atau mengoperasionalkan oleh Texcal Mahato EP FZCO. ( ontuo daus  ).

0 comments:

Posting Komentar