Polling Pilkada Sumbar 2020

Hosting Unlimited Indonesia

Rabu, 08 Juni 2022

Kerjasama KementerianPPN/Bappenas, Upaya Kemendagri Bangun Platform Digital Pemerintah

 



JAKARTA, -- (  sp  )    Kolaborasi antara KementerianPPN/Bappenas melalui penyelarasan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) yang dikembangkan oleh Kementerian Dalam Negeri dan Sistem Perencanaan, Penganggaran, Analisis dan Evaluasi Kemiskinan Terpadu (SEPAKAT) yang dikembangkan oleh Kementerian PPN/Bappenas.


Kerjasama ini bertujuan agar proses perencanaan dan penganggaran daerah dapat terlaksana secara sistematis dan berbasis data untuk mendukung percepatan penurunan kemiskinan. Terbagi menjadi kerjasama jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.


Lebih lanjut, didalam pertemuan breakfast meeting 8 juni 2022 di Hotel Borobudur Jakarta disampaikan output kerjasama jangka pendek yang telah diselesaikan berupa integrasi analisis 5 dimensi (dimensi pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur dan sosial) dan 11 indikator kemiskinan pada sistem informasi pembangunan daerah. 


Sekjen Kemendagri, Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si, mengatakan melalui kerjasama antar stakeholder ini akan mendukung upaya Kemendagri dalam membangun platform digital pemerintah untuk mengatur integrasi data wilayah, penyediaan layanan digital pemda dalam hal perencanaan, penganggaran dan pembinaan dan pengawasan (binwas) tahun 2024.


Sementara itu, Dirjen Bina pembangunan daerah, Dr Teguh Setyabudi MPd menambahkan bahwa kolaborasi SIPD-SEPAKAT ini dapat mendukung proses perencanaan, penganggaran dan pembinaan dan pengawasan (binwas) pembangunan daerah yang sistematis dan berbasis data untuk mendukung percepatan pencapaian tujuan pembangunan daerah.( ontuo daus  )

0 comments:

Posting Komentar