Polling Pilkada Sumbar 2020

Hosting Unlimited Indonesia

Selasa, 21 Juni 2022

Lakukan Penanaman Perdana Jagung Hibrida, Dr. H. Kamsol, MM : Kembalikan Kejayaan Petani Kampar untuk Wujudkan ketahanan Pangan.

 




Sungai Jalau, Kampar Utara :(  sp   )        Kampar dulu merupakan negeri yang subur dan memiliki khazanah tanaman yang sangat banyak, Kampar negeri yang kaya dan subur, oleh sebab itu untuk menyikapi akan fenomena dunia saat ini kita harus melakukan persiapan, terutama akan ketersedian pangan dan kebutuhan sehari-hari. Mari kita optimalkan pengelolaan pertanian Kampar yang maju. 


Oleh sebab itu kami meminta kepada seluruh masyrakat, Camat, Kepala Desa, kelompok tani untuk dapat memanfaatkan lahan yang belum diolah untuk dapat dijadikan lahan produktif, tanam apa yang dapat dimakan dalam waktu cepat. 


Demikian dikatakan Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM pada penanaman perdana jagung Hibrida didesa Sungai Jalau Kecamatan Kampar Utara, Selasa, 21/06.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Ketahanan pangan Cokroaminoto, Kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar Yuricho Efril S.STP, Kadis Pertanian Nurilahi Ali, Ketua KTNA Riau yang diwakili oleh Ketua Harian KTNA Kampar Yulizar , Camat Kampar Utara Riska Junita Eka Putri, S. STP, M, Si Kepala Desa Sungai Jalau Nirwan Amiruddin dan para kepala desa se Kecamatan Kampar Utara, Ahmad Zukri Ketua KTNA Kecamatan Kampar Utara. 


Banyak tugas yang akan kita selesaikan

Kami berupaya untuk wujudkan daerah kita menjadi negeri yang dapat berswasembada pangan, kita kembalikan kejayaan petani Kampar 


Alhamdulilah kita dapat melakukan penanaman jagung saya sangat mengapresiasi Camat, Kepala Desa, Ketua KTNA Kecamatan serta seluruh petani yang menggagas, ini momen bagi kebangkitan petani 


Sekarang ini Pendemi belum berakhir pesan presiden Joko Widodo sampaikan masyrakat kita semua tetap hati-hati dalam menjaga kesehatan, lakukan vaksinasi, untuk menjaga hard Immunity 


Terkait dengan ekonomi saat ini ada ketidakpastian global akibat perang Rusia-Ukraina,, telah meberikan dampak bagi negara di dunia, semua harga melambung, ini harus kita antisipasi. " Kata Kamsol. 


Alhamdulillah negara kita sampai saat ini dapat bertahan, ini semua karena kebersamaan, jalinan sinergitas yang kuat adat, Pemerintah dan alim ulama, Semoga Kampar masyarakatnya makin sejahtera. 


Sesuai pesan presiden Tanam apa yang bisa dimakan,  Kampar miliki tanah yang luas dan subur, syukuri dan maksimalkan semua yang ada, bentuk koperasi tani khsusunya sawah, insyaallah kita miliki beras dan memiliki penghasilan beras, petani jadi pengusaha tani. 


Jauhkan image yang tertanam selama ini di masyrakat yang mana petani bukan saja petani biasa namun jadi pengusaha tani, jika Keamanan pangan sudah terpenuhi merupakan kunci keamanan bagi kehidupan" 


Kepala Desa, Camat, petanai olah lahan kosong, bibit minta ke pemerintah, peralatan buat usulan, saya akan bawa ke Provinsi atau pusat. Data semua potensi yang ada " Pinta Kamsol. 


Sementara itu Kepala Desa Sungai Jalau Nirwan Amiruddin dalam sambutannya menyampaikan perdana melakukan penanaman jagung di Kampar Utara tepatnya Dusun Balai Jering Desa Sungai Jalau, Suatu penghormatan bagi kami atas kunjungan bapak ke Desa kami ini, kehadiran Bapak tentu ada yang kami harapkan  dan berkah " Kata Amiruddin. 


Ada sebanyak 111 Kelompok tani Kecamatan Kampar Utara, 

58 Kelompok merupakan Tani Palawija, kami berharap ada bantuan multi traktor kalau bisa satu unit perdesa, Sekarang ada 0,8 ha lahan yang akan kita tanami jagung Hibrida" Kata Nirwan Amiruddin. 



Sementara itu Ketua KTNA Riau Drs. Yusri, M.Si yang diwakili oleh plh Ketua Harian KTNA Kampar Yulizar menyampikan 

KTNA ada di seluruh jajaran mulai desa hingga ke nasional, Kampar memiliki 2000 Kelompok tani, Kehadiran Bupati semangat bagi kami bersama" Kata Yulizar. 


Bantuan dan sokongan sangat dibutuhkan petani terutama bibit dan Pupuk, apalagi harga pupuk yang kian hari kian mahal sehingga tidak memberikan nilai ekonomi kepada petani" Tutup Yulizar ( ontuo daus )

0 comments:

Posting Komentar