Polling Pilkada Sumbar 2020

Hosting Unlimited Indonesia

Minggu, 26 Juni 2022

PJ Bupati Kampar Serahkan Bantuan Terdampak Banjir, Pj Bupati Tinjau Pasar, Parit, Drainase, Selokan dan Sungai

 




Kasikan, Tapung Hulu : ( sp  )                          Atas musibah banjir yang terjadi pada Kamis tengah malam 23/07) Kemarin, telah menyebabkan terendamnya ratusan rumah dan kios yang berada di Pasar Kasikan Kecamatan Tapung Hulu. 

Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM melakukan peninjauan ke seluruh areal pasar, Drainase, parit dan sungai Kasikan. 


Atas dampak tersebut Penjabat Bupati Kampar menyerahkan bantuan sembako bagi Masyrakat yang terkena dampak banjir yang diadakan di pasar Kasikan Kecamatan Tapung Hulu, Sabtu, 25/06, pada kesempatan tersebut Pj Bupati didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kampar Muhammad, S. Sos, Kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar Yuricho Efril S.STP, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kampar Agustar,  General Manager Distrik Barat PTPNV Amrizal Hamdi, Manager Kebun Tandun Nugroho, Manager Kebun Tandun Iskandar, serta para Manager kebun di PTPN V, Camat Tapung Hulu Wira Satra dan Kepala Desa Kasikan Alhudri. 


Atas musibah banjir yang terjadi banjir di Desa Kasikan Tapung Hulu kami mengucapkan duka bagi masyarakat yang terdampak oleh banjir , Kita dapat informasi banjir telah melanda desa Kasikan, informasi dari Masyrakat dan media oleh sebab itu pada hari ini kita dapat serahkan bantuan dari Pemkab Kampar dan pihak perusahaan kepada Masyarakat  dan alhamdulilah air sudah surut " Kata Kamsol. 


Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak PTPN V yang telah memberikan bantuan kepada Masyrakat" Kata Kamsol 


Dari kita lihat, penyebab utama banjir ini adalah adanya tidak berfungsinya parit, drainase dan selokan di Dusun IV Desa Kasikan ini yang menyebabkan pasar tenggelam dan banyak dagangam Masyrakat yang menjadi rusak, hujan semalam saja menyebabkan lebih dari satu meter bagaimana jika hujan terjadi berhari-hari tentunya ini akan mengganggu ekonomi Masyrakat " Kata Kamsol lagi. 


Kalau kita lihat penyebab banjir ini adanya sungai yang di penuhi sampah dan menyempit, hingga luapan air ini sampai ke pasar akibat tidak berfungsinya selokan dan drainase" Tambahnya lagi 


Sementara di timur pasar Kasikan saat di Tinjau Pj Bupati Kampar saat melihat genangan air Kamsol menyatakan ini bukan bagian dari sungai karena tidak ada Hulu dan Hilirnya tapi tempat buangan air, disinilah pentingnya drainase sebuah kota atau pasar, pentingnya penataan buangan air sehingga jika hujan drainase ini mampu menampung debit air" Kata Kamsol 


Ini akan kita laporkan ke Balai Wilayah Sungai PUPR RI, Kami minta kepada Balai Wilayah Sungai (BWS) Kementerian PUPR dan PUPR Kampar untuk dapat mengkaji dan melihat kondisi ini " Harap Kamsol. 


Dikatakan Kamsol bahwa beberapa waktu lalu kami dipanggil presiden, banyak pesan yang beliau sampaijan, diantaranya Kondisi ekonomi global yang tidak pasti, jadi untuk menyikapi kondisi ini mari kita lakukan penguatan ekonomi Masyarakat dengan memfungsikan lahan, dikampar sendiri ada seluas  4000 ha lahan sawah dan yang dapat di tanami lebih kurang 2.000 ha selebihnya perlu penanganan khusus. Perlu luasan  26.000 ha untuk menjadi swasembada" Kata Kamsol. 


Insyaallah Kampar akan memproduksi beras Kampar dengan cap Ulu kasok, dukung dan doakan semoga ini dapat terwujud. 


Mari Kita manfaatkan lahan yang subur dan luas untuk menghadapi kondisi ekonomi Masyrakat. Jaga persatuan, kedamaian untuk menjaga kondisi yang kondusif. 


Kami selaku Pj bagaimana dapat mewujudkan ekonomi Masyrakat, pembangunan Kampar yang lebih maju sejajar dengan Kabupaten kota di Riau " Tutup Kamsol. 


Sementara itu Camat Tapung Hulu Wira Satra menyatakan bahwa telah terjadi banjir pada hari kamis lalu pada pukul 23.00, intensitas Hujan yang cukup tinggi yang menyebabkan ratusan rumah terendam air. 


Pada kesempatan ini kita menyerahkan bantuan dari Dinas Sosial dan dari PTPN V dan bantuan dari BOB Bumi Siak Pusako " Kata Wira lagi. ( ontuo daus  )

0 comments:

Posting Komentar